Makanan Paling Baik untuk Anak Penderita Kanker

Mindset dokter pada anak-anak biasanya negatif. Ini harus diubah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA – Makanan yang aman dan sehat penting bagi anak, terutama bagi anak yang memang kondisi tubuhnya mengalami penyakit tertentu. Bagi anak penderita kanker, keamanan makanan menjadi hal penting dalam proses pengobatannya.

Jokowi Akan Atur Biaya Pengobatan Kanker untuk Anak

Menurut pakar nutrisi dari Parkway Cancer Center Singapura, Gerard Wong, karena kebanyakan jenis kanker yang menyerang anak-anak adalah kanker darah atau leukimia, sehingga yang paling diperhatikan adalah keamanan makanannya. Keamanan makanan bagi anak penderita kanker yang paling baik adalah makanan yang dimasak di rumah.

"Kalau makanan yang didapat dari luar, biasanya sudah dimasak berjam-jam sebelumnya. Ditambah lagi cuaca Indonesia yang lembap membuat kualitas makanan semakin menurun," ujar Gerard kepada VIVA.

Aksi Berani Gundul untuk Peringati Hari Kanker Anak

Makanan di luar yang sudah terlalu lama bisa berpotensi terkena bakterI, terutama jika imunitas anak sedang turun sehingga mudah sakit.

"Makanan seperti salad dan ham mentah, lalu diambil dengan penjepit makanan yang sama, berpotensi bisa terjadi kontaminasi silang. Kalau masak di rumah, bisa kontrol sendiri kualitasnya," tutur Gerard.

50 Persen Kasus Kanker Anak Berakhir Kematian

Selain proses pembuatannya yang perlu diperhatikan, pada anak penderita kanker sebaiknya juga harus dipastikan kalori yang dikonsumsi berjumlah cukup. (art)

ilustrasi bayi.

Banyak Kasus Kanker Anak Tidak Terdiagnosis, Ini Sebabnya

Faktor ekonomi di negara-negara berpenghasilan rendah.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2019