Trik Mudah Kenali Nyeri Dada Akibat Serangan Jantung

Pria sesak napas.
Sumber :
  • Pixabay/ HansMartinPaul

VIVA – Nyeri dada sering menjadi tanda adanya penyakit jantung atau bahkan serangan jantung yang mengintai. Namun, nyeri dada sendiri merupakan gejala umum yang bisa dirasakan saat mengidap penyakit selain jantung. Lalu, bagaimana mengenalinya?

Jangan Abai Tanda Serangan Jantung, Muncul Rasa Ini di Rahang

Tidak sulit mengenali nyeri dada yang memicu serangan jantung. Salah satunya, saat nyeri dada yang terasa tidak memiliki titik yang pasti atau cenderung melebar.

"Nyeri biasanya di belakang dada dan melebar. Tidak ada satu titik yang bisa ditunjuk. Maka, kalau nyeri dadanya terlokalisir atau terasa di satu titik, itu artinya bukan sakit jantung," ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Manoefris Kasim Sp.JP (K), Sp.KN kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Serangan Jantung Akibat Olahraga, Ini Faktanya

Selain itu, cara kedua yang bisa melihat tanda tubuh mengidap gangguan pada jantung yaitu nyeri dada cendrung hilang dan timbul. Dituturkannya, saat tubuh cenderung beraktivitas yang memicu adrenalin, akan memberi menimbulkan rasa nyeri.

"Tapi saat beristirahat, nyeri dadanya langsung hilang. Saat mulai aktivitas lagi yang terburu-buru, muncul lagi nyerinya. Waspada itu ada gangguan jantung yang berisiko serangan jantung," paparnya.

Jangan Sepelekan, Ini Beda Nyeri Dada Biasa dan Tanda Serangan Jantung

Aktivitas yang biasanya menimbulkan rasa nyeri antara lain berolahraga kencang dan aktivitas yang terburu-buru.

"Kalau olahraga cenderung kencang, biasanya timbul sakit dada. Sama seperti saat terlambat bangun tidur lalu mandi terburu-buru, di situ nyeri dada yang menjalar bisa timbul." (mus)
 

Ilustrasi ibadah haji.

Waspada Jemaah Haji Rentan Diintai Serangan Jantung, Kenali Gejalanya Sejak Dini

deteksi dini kejadian gangguan jantung akut atau serangan jantung sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi dari serangan jantung.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2023