Gatal di Area Kewanitaan, Waspada Gejala Diabetes

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Diabetes masih menjadi penyakit dengan tingkat penderita yang sangat tinggi di Indonesia. Bahkan kini penderita diabetes semakin muda usianya.

Sering Ngantuk Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes, Waspada!

Karena itulah, lakukan pengecekan darah dan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi.

Dokter spesialis penyakit dalam dari RS Pondok Indah, dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, ada tiga gejala khas pada diabetes, yaitu sering haus, sering lapar, dan sering buang air kecil saat malam hari.

Punya Riwayat Keturunan? Ini 5 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan

"Selain itu, berat badan juga turun, bukan karena diet atau apa," kata Wisman kepada VIVA.co.id di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Sementara, lanjut Wisman, gejala lain yang timbul dari diabetes umumnya berhubungan dengan komplikasi, seperti mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol.

6 Gejala Diabetes Bisa Dikenali di Kaki, Jangan Dibiarkan

Di samping itu, penderita diabetes juga mudah lelah. Kondisi ini disebabkan gula darah yang tinggi namun tidak bisa diserap sel, sehingga sel menjadi kelaparan dan menyebabkan cepat lelah.

"Gejala lainnya adalah luka yang sukar sembuh. Gatal yang penyebabnya sulit diketahui, kaki atau tangan terasa baal, atau kesemutan. Impotensi juga menjadi salah satu keluhan tapi pasien sering malu menyebutkan," ujar Wisman.

Keluhan lain karena adanya komplikasi diabetes juga meliputi gatal di sekitar area kewanitaan dan penglihatan yang buram. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya