Waspada, Area Ini Jadi Sarang Nyamuk di Rumah

Air keran kering
Sumber :
  • REUTERS/TOBY MELVILLE

VIVA – Rumah yang bersih dan rapi, tidak selalu menjamin minimnya sarang nyamuk. Beberapa sudut tertentu, ternyata bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk nakal di rumah.

10 Cara Alami Usir Nyamuk dari Rumah

Dokter sekaligus selebriti Tanah Air, Lula Kamal, sangat mengkhawatirkan penyebaran nyamuk di sekitar rumahnya. Lula menjelaskan, perkembangbiakan nyamuk di rumah bisa terjadi di beberapa sudut tertentu tanpa disadari anggota keluarga.

"Aquarium yang sudah tidak ada ikannya, tersisa air saja, bisa menjadi sarang nyamuk. Apalagi, nyamuk itu tidak butuh genangan yang banyak. Cukup 1 cc genangan air, sudah mampu membuatnya berkembangbiak dengan cepat," ujar wanita yang aktif menyuarakan pembasmian nyamuk, Dalam peluncuran HIT Expert dengan formula baru, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Terungkap, Traveling Jadi Pemicu Nyamuk Makin Banyak

Selain itu, sudut-sudut rumah tempat jajaran buku ada, juga bisa menjadi sarang nyamuk. Sebab, buku-buku yang jarang disentuh, membuat nyamuk dengan leluasa menyimpan telurnya.

"Buku yang jarang dibaca, hanya dijejerkan di sudut rumah dan berbulan-bulan tidak disentuh, bisa jadi sarang nyamuk. Di area bawah dispenser yang sering jadi genangan air, turut dilirik nyamuk untuk bersarang di situ," paparnya.

Mengapa Nyamuk Lebih Suka Menggigit Manusia

Lula menjelaskan, setiap ada genangan air walau hanya sedikit, dipastikan berisiko besar jadi sarang nyamuk. Beberapa warna tertentu yang ada di rumah, juga menjadi sasaran nyamuk untuk bersarang.

"Sudut berwarna gelap atau merah, biasanya membuat nyamuk jadi makin suka berkembangbiak. Jadi, usahakan memiliki warna yang cerah agar nyamuk tidak betah di dalamnya," katanya. 

Gigitan nyamuk.

Tips Mudah Menghindari Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk sumber berbagai penyakit serius.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2018