Trik Redam Hasrat Menikmati Lezatnya Gorengan

Ilustrasi camilan gorengan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bukan hal yang mudah untuk menghindari gorengan. Apalagi jika gorengan masih dalam keadaan panas, dan bisa dinikmati dengan cabai rawit. Tentu sungguh menggoda.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Namun tahukah Anda, di balik kenikmatan gorenga tersimpan bahaya kesehatan yang mematikan?

Spesialis Penyakit Dalam, dr Kaka Renaldi SpPD-KGEH pun mengungkapkan, lezatnya gorengan akan sangat berbahaya. "Ini karena minyak yang dipakai berulang kali mengandung lemak trans. Berbahaya untuk pembuluh darah dan organ-organ tubuh karena bisa menyebabkan penyumbatan," katanya saat tampil di acara Ayo Hidup Sehat di TvOne.

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Ia pun mengatakan, konsumsi gorengan dalam jumlah berlebihan juga bisa menyebabkan sembelit, asam lambung, gangguan usus, sendawa, menganggu pita suara, sebabkan GERD, diabetes melitus, kegemukan dan lain-lain.

"Kalau enggak dikontrol bisa menyebabkan gangguan jantung, kalau penyumbatan di kepala bisa menyebabkan stroke," terangnya.

Identik dengan Buka Puasa, Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Gorengan

Untuk itu agar terhindar dari masalah kesehatan, namun tetap bisa menikmati renyahnya gorengan,  dr. Juwalita Surapsari MGizi, SpKG menyarankan, untuk mengatur jadwal konsumsi gorengan.

"Hari ini misalnya dapat martabak, siang makan martabak, lalu hingga malamnya, jangan makan lagi makanan yang digoreng. Jadi resep untuk rem makanan gorengan jamu alias jaga mulut," terangnya.

Ia melanjutkan, tak hanya itu resep untuk menghindari goreangan agar tubuh tetap sehat, yakni, imbangi dengan makanan sehat, tetap konsumsi sayur dan buah. "Tiga sampai lima porsi sehari sayur dan buah harus dicukupi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya