Trik Praktis Bentuk Tubuh Ideal di Kantor

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tidak bisa dimungkiri bahwa sedikitnya aktivitas di kantor memicu peningkatan berat badan. Studi tahun 2013 menemukan, dua dari lima orang mengaku mengalami peningkatan berat badan karena kesibukannya di kantor. Lalu, bagaimana mensiasati tubuh tetap ideal meski minim aktivitas di kantor?

Lakukan 5 Olahraga Ini agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Dilansir dari laman Reader's Digest, studi terbaru dari yang dipublikasikan dalam Journal of Physical Activity and Health menyarankan rutinitas bergerak aktif selama 15 menit untuk mencegah penumpukan lemak saat di kantor. Bahkan, aktivitas tersebut terbilang sangat mudah dan praktis.

Dalam penelitian yang berasal dari University of Pittsburgh itu merekrut 74 partisipan berusia sekitar 20-an dengan kondisi sehat jasmani dan rohani. Para partisipan diminta untuk duduk, berdiri, atau berjalan selama 15 menit, sambil mengenakan masker yang mampu menilai jumlah kalori mereka yang terbakar.

5 Keuntungan Membersihkan Rumah Saat Asisten Mudik

Hasilnya, para partisipan yang berjalan, membakar tiga kali lebih banyak kalori di tubuh dibandingkan mereka yang duduk atau berdiri diam. Duduk dan berdiri diam mampu membakar sekitar 20 kalori dalam 15 menit. Sementara, mereka yang berjalan mampu membakar hingga 60 kalori.

Para peneliti setuju bahwa mereka yang berjalan, mampu membakar tiga kali lebih banyak kalori di tubuhnya. Sedangkan, mereka yang hanya berdiri diam, kalori yang terbakar sama dengan saat mereka duduk.

Olahraga Bikin 10 Tahun Lebih Muda dari Usia Sebenarnya

Untuk itu, peneliti menyarankan rutinitas para pekerja untuk mau meningkatkan aktivitas berjalannya dalam 15 menit. Selain itu, proses untuk membakar kalori juga lebih baik dengan berjalan dibandingkan hanya duduk atau berdiri diam.

Olahraga ringan

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Untuk turut merasakan semangat para atlet yang akan bertanding bulan depan, kita bisa lakukan olahraga ringan & mudah di rumah.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2021