Cegah Herpes, Lansia Juga Penting Suntik Vaksin

Ilustrasi pasien stroke
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA – Herpes zoster telah lama menjadi ancaman, khususnya bagi mereka yang berusia lanjut. Virus itu hadir akibat luka lecet dari kasus cacar air yang pernah dialami, kemudian merambah hingga saraf.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Dilansir dari laman NY Post Kamis 16 November 2017, virus yang hadir akibat luka bekas cacar air itu dipicu oleh kerusakan pada saraf. Hal ini yang membuat 1 dari 3 orang Amerika, khususnya yang berusia 60 tahun ke atas, alami rasa sakit di area itu.

Karenanya, peneliti mulai menjanjikan jenis vaksin baru, Shingrix, yang baru saja disetujui oleh FDA. Advisory Committee on Immunization Practices merekomendasikan mereka yang berusia 50 tahun ke atas, sebaiknya mendapatkan jenis vaksin ini.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Meskipun telah hadir vaksin anti herpes zoster yaitu Zostavax, namun hanya mampu mencegahnya hadir sebesar 50 persen. Sedangkan, vaksin baru ini ditemukan mampu mencegah 90 persen kasus herpes zoster hingga pasien berusia 70 tahun bahkan lebih.

"Vaksin baru itu memperlihatkan perlindungan yang sama kuatnya seperti pada jenis vaksin yang biasanya diberikan pada bayi dan anak-anak," ujar peneliti, dr. Kelly Moore.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Kelly menjelaskan, vaksin baru tersebut bekerja dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh, dan bukan dengan menginfeksi virus yang tumbuh di tubuh pasien. Pemakaian vaksin ini, menurut Kelly, diberikan sebanyak dua kali suntik.
 

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024