Kertas Minyak Ternyata Enggak Bagus Buat Kulit

Ilustrasi wanita bercermin.
Sumber :
  • Pixabay/Claudioscot

VIVA – Bagi sebagian wanita, kertas minyak (oil paper) menjadi salah satu item yang wajib dibawa. Kulit wajah berminyak menjadi alasannya. Kulit berminyak memiliki dampak yang tidak menyenangkan salah satunya adalah rentan berjerawat.

7 Trik Jitu Kurangi Minyak di Wajah Sampai Tuntas

Untuk mencegah hal tersebut, tidak sedikit dari wanita memilih untuk menggunakan kertas minyak. Kertas minyak yang dijual bebas dipasaran ini pun dianggap mampu mengurangi kelenjar minyak yang ada di wajah.

Namun, siapa sangka penggunaan kertas minyak malah berdampak buruk bagi wanita.

Tips Agar Kulit Wajah Tidak Berminyak Saat Bangun Tidur

"Kertas minyak itu malah enggak bagus untuk kulit, karena malah membuat kulit kita semakin berminyak," kata Imelda Tjia dari DMK Indonesia kepada VIVA, di Jakarta Selatan, Kamis 23 November 2017.

Ia menjelaskan, imbauan penggunaan kertas minyak berbahaya karena kelenjar minyak yang ada di dalam pori-pori secara otomatis menekan ke atas. Hal ini berpengaruh dalam melembabkan kulit yang kering karena diusapkannya kertas minyak.

Solusi Jitu Atasi Kulit Wajah Berminyak

"Dasarnya memang kita memproduksi kelenjar minyak, ketika produksi minyak itu ditekan secara otomatis bentuk pertahanan kulit adalah dengan mengeluarkan minyak," tuturnya

Kata dia, semakin sering dipakai kertas minyak maka akan berdampak terhadap kulit. "Kulit akan kering maka semakin banyak minyak yang dihasilkan dan tidak terkontrol," ujarnya. Untuk mencegah kulit berminyak, dia menyarankan perawatan yang tepat.

"Jaga pula kebersihannya, semakin berminyak maka semakin gampang kotoran menempel. Pilih perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit,"jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya