Viral, Jelang Melahirkan Ibu Hamil Diajak Menari oleh Dokter

Ibu hamil diajak menari untuk mempermudah lahiran
Sumber :
  • Instragram

VIVA – Melahirkan bisa menjadi salah satu pengalaman paling menyiksa yang bisa ditanggung seseorang. Tapi, seorang dokter asal Brazil menciptakan sebuah metode yang didukung oleh ilmu pengetahuan, untuk mengurangi rasa sakit, yaitu menari.

Sule dan Nathalie Holscher Dikaruniai Anak Pertama, Ini Potretnya

Dr. Fernando Guedes da Cunha, dikenal sebagai 'dokter menari', mengunggah video di Instagram yang menampilkan dirinya melakukan gerakan menari bersama seorang ibu hamil dengan iringan lagu seperti Despacito.

Dilansir dari laman Daily Mail, video terakhirnya menunjukkan seorang wanita yang mengalami diabetes saat hamil, menari bersama dokter kandungan itu sambil menunggu kelahiran bayinya.

Nella kharisma Lahirkan Anak Pertama dari Dory Harsa

Ternyata, Cunha tidak hanya menari untuk kesenangan, karena riset menunjukkan bahwa bergerak saat akan bersalin membuat proses melahirkan lebih mudah.

"Menari, berjalan, beraktivitas dengan bola fisioterapi, dan squat, merupakan bagian dari vertikalisasi pasien yang sangat bermanfaat untuk persalinan. Kami terus meningkatkan implementasi bantuan manusia untuk meningkatkan pertolongan untuk ibu hamil," ujar Cunha.

3 Orang Tua di Medan Sudah Rencanakan Melahirkan saat HUT RI ke-75

Banyak gerakan menari yang Cunha berikan melibatkan squat, gerakan pinggul, dan getaran.

Rumah sakit, yang membuat unggah video di laman Facebook, mengatakan bahwa melakukan gerakan saat akan bersalin memberikan relaksasi dan memudahkan kelahiran bayi.

Menurut para ahli di Baby Center, melahirkan secara umum berlangsung sekitar delapan jam. Tapi, beberapa studi menunjukkan bahwa menari, sebagai bentuk olahraga, bisa membuat persalinan lebih singkat dan mengurangi rasa sakitnya.

Sebuah studi tahun 1998 yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa wanita yang berjalan atau banyak bergerak, menjalani masa persalinan yang lebih singkat.

Meski demikian, menari bukan satu-satunya cara yang bisa membantu persalinan. Memilih mendapatkan suntikan epidural, penggunaan paling umum untuk mengurangi sakit saat persalinan, bisa menenangkan sakit di leher, lengan dan punggung selama persalinan.

Latihan kegel dan panggul di lantai juga telah lama diasosiasikan dengan persalinan yang lebih mudah. Menurut American Pregnancy Association, menguatkan otot-otot ini selama kehamilan bisa membantu membangun kemampuan untuk mengendalikan otot Anda selama masa melahirkan.

Melakukan latihan pernapasan ritmik, atau bernapas cepat setiap 2-3 detik, juga bisa membantu meringankan ketegangan selama persalinan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya