5 Tanda Metabolisme Tubuh Lambat, Salah Satunya Mudah Gemuk

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Metabolisme memainkan peranan penting pada kemampuan tubuh, untuk mengolah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Semakin bertambah usia, metabolisme tubuh semakin menurun. Itulah sebabnya semakin tua, menurunkan berat badan tak lagi semudah ketika di usia muda. Demikian dikatakan Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy, seperti dikutip laman Women's Health.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Melambatnya metabolisme bisa dideteksi dengan bantuan medis. Tapi di kalangan masyarakat kita agaknya tak begitu lazim mendatangi dokter hanya untuk cek metabolisme. Oleh sebab itu, Anda dapat mengenali tanda-tanda melambatnya metabolisme melalui sinyal yang dikirimkan tubuh. Apa saja?

Cepat lelah
Banyak hal bisa membuat Anda merasa lelah, termasuk faktor seperti tidak cukup tidur, bekerja terlalu keras. "Tapi jika Anda sering merasa lelah, itu bisa menjadi pertanda bahwa metabolisme Anda sedikit lebih lambat, karena tubuh Anda tidak 'memasak' asupan makanan, supaya menjadi sumber energi," kata Lisa Moskovitz, RD dan CEO NY Nutrition.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Kulit dan rambut cepat kering
"Bila metabolisme Anda tidak bekerja dengan baik, tubuh Anda tidak segera memproduksi sel baru untuk menggantikan sel lama yang telah rusak, yang di antara fungsinya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda," kata Keatley.

Berat badan bertambah meski sudah makan dengan benar
Sekali lagi, seiring bertambah usia, semakin sulit mempertahankan berat badan. Meski Anda tak mengubah pola makan, metabolisme yang melambat mengakibatkan kenaikan bobot tubuh.

Selain Gak Bikin Lemes saat Puasa, Gerakan Olahraga Ini Dijamin Bikin Kurus

Kedinginan sepanjang waktu
"Metabolisme juga membantu menghasilkan panas tubuh, dan jika ia lambat, Anda akan lebih dingin," kata Keatley.

Super moody
Suasana hati yang berubah memang bukan semata diakibatkan metabolisme, tapi adakalanya metabolisme yang tak maksimal berakibat Anda merasa murung.

Tes metabolisme
Ada beberapa tes yang bisa dilakukan dokter untuk membantu Anda mengetahui apa yang sedang terjadi pada sistem metabolisme tubuh. Cara termudah adalah melakukan tes kalorimetri. Tes ini dilakukan dengan memodifikasi makanan Anda selama sehari dan beristirahat sambil mengenakan masker. Banyak pakar nutrisi dan ahli diet memiliki kemampuan tersebut.

Cara lain adalah meminta dokter atau ahli endokrin memeriksa panel tiroid, tes darah yang bisa mengatasi defisiensi.

Jika Anda menduga metabolisme Anda bermasalah, sebaiknya jangan berdiam diri. Temui dokter dan katakan tentang itu. Mungkin ada sesuatu yang bisa mereka lakukan untuk membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya