Tak Bikin Bodoh, Mecin Ternyata Bergizi

Ilustrasi garam, MSG dan gula.
Sumber :
  • Pixabay/Stocksnap

VIVA – Selama ini MSG atau populer disebut mecin dianggap memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Mecin disebut bisa membuat bodoh, menyebabkan kanker, dan berbagai dampak negatif lainnya.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Tapi, tahukah Anda bahwa berdasarkan sejumlah penelitian, mecin sama sekali tidak memberikan efek buruk seperti yang ditakutkan banyak orang. Penggunaan mecin tetap aman digunakan dan bahkan bisa memberikan manfaat menyehatkan.

Penggunaan mecin sebagai bagian dari bumbu masakan tidak lepas dari penemuan rasa umami atau gurih oleh seorang profesor Jepang, Ikeida. Dari rumput laut yang direbus, Ikeida menemukan rasa baru yang bukan perpaduan manis dan asin, asin dan asam, atau perpaduan dari empat rasa yang ada.

Bikin Capcay Spesial Ramadhan Yuk, Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

Setelah diteliti, ternyata rumput laut memiliki kandungan glutamat yang memberikan rasa umami itu. Glutamat sendiri juga memiliki perjalanan sejarah di baliknya sebelum ditemukan.

Glutamat melalui penelitian seorang profesor Jerman, Ritthausen, di mana ia menemukan protein dalam gandum. Protein tersebut kemudian diisolasi dan diketahui memiliki asam amino yang berasal dari gluten. Inilah asal muasal protein itu disebut dengan glutamat. Namun, saat itu Ritthausen tidak menceritakan rasa dari glutamat hingga ditemukan oleh Ikeida.

Ini Fakta Seputar MSG atau Penyedap Rasa alias Mecin

Ahli gizi dan Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Hardinsyah, MS, PhD menjelaskan, dalam mecin ternyata terdapat tiga kandungan gizi.

"Pertama adalah natrium yang penting untuk kontraksi otot. Otot akan berfungsi jika natrium cukup, kalau natrium sedikit akan lemas. Makanya, banyak yang mengatakan kalau lemas cukupi elektrolit karena salah satu kandungan elektrolit itu adalah natrium," kata Hardinsyah dalam temu media di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa, 23 Januari 2018.

Namun, natrium yang terlalu banyak juga tidak baik karena bisa menyebabkan hipertensi atau darah tinggi. Selain itu, kontraksi otot juga akan terganggu.

Kandungan gizi lain yang terdapat dalam mecin adalah asam amino yang mencapai 80 persen dan air. Keduanya juga merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh.

Kelebihan lain dari mecin adalah kandungan natriumnya yang hanya 12 persen, dibanding dengan garam dapur yang mencapai 36-39 persen. Karena itu, makan garam dapur lebih berisiko menyebabkan asupan natrium yang tinggi dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya