Kari Dalcha, Kuliner India yang Populer di Padang

Kari Dalcha.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Soal mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat tanpa bau prengus, India jagonya. Tanah Hindustan ini juga dikenal sebagai salah satu negara yang merajai pasar kuliner berbahan dasar daging kambing. Paduan rempah-rempah pilihan, menjadi rahasia dari lezatnya sejumlah olahan daging kambing khas India.

Makan Siang? Icip Nasi Kapau Prasmanan Ala Mintuo

Kari kalcha namanya. Hidangan berbahan dasar daging kambing ini merupakan salah satu kuliner asal India yang cukup terkenal. Kuah yang kental dengan cita rasa tinggi membuat kari dalcha banyak digemari pecinta daging kambing.

Bahkan saking lezatnya, kari dalcha saat ini sudah dikenal di sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik, bahkan Eropa. Bagi warga India asli maupun keturunan, kari dalcha yang dikenal pedas ini selalu dimakan dengan roti canai atau nasi briyani.

Cemilan Khas Minang Ala Emak-Emak Teluk Kabung Utara

Kasmanila (39), warga Padang keturunan India, salah satu yang sampai saat ini masih melestarikan dan mengembangkan resep kari dalcha. Kari dalcha menurutnya, tak sekadar lezat di lidah, namun juga mampu memberi sensasi lebih kepada siapa saja yang mencicipinya.  

Kasmanila mengatakan, bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari Dalcha ini sangat beragam, seperti ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkih. Tak hanya itu, kacang hijau atau kacang merah dan terong juga menjadi pelengkapnya.

Makan di Kafe Ini, Bayarnya Cuma Pakai Sampah Plastik

Di Kota Padang sendiri, nama Kari Dalcha tidak terlalu populer. Malah sering disebut dengan gulai kambing. Kari Dalcha katanya, banyak dijumpai di warung nasi Ampera milik warga kota Padang keturunan India. Bahkan, di setiap bulan suci Ramadan, hidangan ini juga banyak dijual di Pasar Pabukoan sebagai menu pilihan berbuka puasa.

"Kari Dalcha in mirip sekali dengan masakan gulai yang ada di Aceh, dan gulai kambing pada umumnya. Namun, yang membuatnya berbeda adalah cita rasa dan bumbunya. Kari Dalcha ini khas rasanya. Terasa rempah-rempahnya," kata Kasmanila.

Selama ini, lanjut Kasmanila, Kari Dalcha disajikan kala ada perayaan hari besar dan acara pernikahan serta aqiqah. 

Nah, bagi yang penasaran seperti apa rasa masakan ini, Anda dapat berkunjung ke rumah makan Ampera yang dikelola oleh warga keturunan India. Anda juga bisa menemukannya di Pasar Batipuh, Kecamatan Padang Selatan, yang merupakan kawasan tempat tinggal warga keturunan India. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya