Si Hitam yang Lezat Menggoda

Black Pizza
Sumber :
  • VIVA/Puspitasari Rintan

VIVA – Kalau dulu, makanan berwarna hitam mungkin dianggap kurang menarik. Tapi kemudian pada pertengahan tahun 2016, berbagai makanan berwarna hitam mulai menjadi tren.

Kumpulan Promo Murah di Hari Valentine dan Pemilu 2024!

Sebut saja burger, jus, pasta, roti hingga es krim. Layaknya gaya hidup lain, kuliner juga mengalami pergantian tren. Meski dunia kuliner sempat dihebohkan dengan warna-warni pelangi serta warna unicorn, nyatanya hingga kini si hitam masih menarik untuk dicicip.

Ada beberapa cara alami untuk menghasilkan warna hitam pada bahan pangan. Kuliner internasional mengenal pasta berwarna hitam, yang menggunakan tinta cumi untuk menghasilkan warna hitam secara alami.

Bank Mandiri dan Pizza Hut Dukung Aksi Kemanusiaan Lewat QRIS

Beberapa menu Indonesia juga memiliki ciri khas warna hitam. Contohnya adalah rawon, makanan khas Jawa Timur itu menggunakan kluwak untuk menghasilkan kuah pekat kehitaman. Ada pula kue jongkong dan dawet hitam yang berasal dari Jawa Tengah. Kedua kudapan manis tersebut memakai abu merang sebagai pewarna hitam.

Beberapa jenis dessert yang lebih modern, seperti es krim dan gellato, menggunakan charcoal atau arang bambu. Diyakini, penggunaan arang selain untuk menghasilkan warna hitam, juga punya manfaat untuk kesehatan. Diantaranya menyerap zat kimiawi.

Viral Video Nongkrong di Pizza Hut, Babe Haikal: Bela Palestina Jangan Salah Boikot

Terlepas dari unsur sehat, menyantap makanan berwarna hitam bisa memberi sensasi tersendiri. Burger berwarna hitam mungkin sudah pernah Anda cicip, tapi bagaimana dengan pizza hitam?

Salah satu restoran di Indonesia, yaitu Pizza Hut baru saja merilis menu baru. Pizza hitam dibuat dari adonan yang telah dicampur arang, batok kelapa, dan kayu.

"Keunikannya ada pada teksturnya. Ada yang bilang lebih lembut. Selain itu orang makan juga tidak hanya melihat teksturnya, tapi juga penampilannya yang terlihat lebih menarik, serta topping-nya besar-besar," kata Joe Sasanto, General Manager Pizza Hut, dalam peluncuran Black Pizza di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 21 Februari 2018.

Penggemar daging bisa memilih topping baru, Meat Monsta yang berisi sosis frankfurter, daging sapi asap, taburan keju mozarella, serta saus keju.

Menu baru itu hanya dihadirkan selama kurang lebih tiga bulan ke depan.

Black Pizza

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya