Bikin Video Masak Gado-gado, Jamie Oliver Di-bully Warganet

Gado-gado ala Jamie Oliver.
Sumber :
  • jamieoliver.com

VIVA – Niat untuk menyajikan cara membuat gado-gado, chef ternama Inggris, James Trevor Oliver atau lebih dikenal dengan Jamie Oliver justru kena nyinyir warganet Indonesia.

Jonas Brothers Bakal Konser di Indonesia, Promotor Siapkan Nasi Goreng dan Gado-gado

Juru masak selebriti itu sebelumnya mengunggah sebuah video yang memperlihatkan cara membuat gado-gado yang disebutnya sebagai makanan terkenal dari Indonesia.

"You've never had a salad like this before! It's Jami's take on a MEGA Indonesian gado-gado salad, as seen on Jamie's Comfort Food on @channel24," tulis Jamie di akun Twitter pribadinya, @jamieoliver.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Video yang diunggah sejak dua hari lalu itu awalnya terlihat biasa saja, di mana Jamie juga tampak memuji gado-gado sebagai makanan lezat dari Indonesia dan juga menyebut gado-gado sebagai makanan yang sangat dia suka.

Sembari menyebut bahan-bahan yang digunakan, mulai dari sayur-sayuran seperti kubis, kentang, tahu, mentimun, tomat, hingga saus dressing yang terbuat dari sambal kacang, Jamie memperlihatkan cara membuat gado-gado.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Saat membuat sambal kacang inilah yang akhirnya membuat banyak warganet berkomentar tentang bahan yang ia gunakan tidak seperti bahan yang biasa digunakan di Indonesia. Jamie membuat saus gado-gado dari kecap ikan, minyak zaitun dan selai kacang.

"20 gram selai kacang, bawang putih, lemon, kecap, kecap ikan, pasta asam, 50 gram gula aren, dan yang paling penting minyak zaitun, cabai," ujarnya dalam video tersebut sambil memasukkan bahan ke dalam blender.

Video itu langsung mendapat tanggapan dari warganet, dari yang menyebut bahan yang seharusnya digunakan sampai cara membuat saus itu yang dinilai salah.

"Ini loh asli gado-gado, jonn ora koyo punyamu, ora di ulek mister yo ora enak," kata warganet sambil mengunggah gambar gado-gado yang biasa ditemui di Indonesia.

"Kalo yang dia bikin kuwi karedok, sayurnya mentah. Klo gado2 di kukus/ rebus dulu," ujar lainnya ikut berkomentar.

Please Jamie. not every peanut based sauce using peanut butter. the art to do the sauce is using stone grinder so its rich in texture when eating. and since when its using fish sauce ? jaman mbahmu? if the veg not boiled/steam its called karedok,” ucap yang lain.

Meski begitu, tak sedikit pula warganet yang berpendapat tak masalah gado-gado buatan Jamie Oliver tidak autentik. Mereka lebih mengapresiasi bahwa juru masak kelas dunia mau mempromosikan kuliner Indonesia.

"Fantastic! Even though you prefer blender than pound the peanut, and use fresh vegetables than steam it first (I believe it's just a matter of improvisation, right?). I'm Indonesian and so happy you love our traditional street food. Gado-Gad is so comforting," ucap warganet.

"Ndak usah emosi. Babang bule bikin gado2 cita rasa bule. Macem kita bikin pasta pake saos tomat, makan steak pake saos botolan, bagi mereka itu juga aneh," kata warganet lain.

"Rekan2 sebangsa dan setanah air. Tenang, ini kan versinya Jamie.. lah situ2 masih suka Spageti dikasih saos sambal kan?" ujar warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya