Alasan Pizza Selalu Dipotong Berbentuk Segitiga

Pizza.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Pizza mungkin adalah salah satu makanan paling popuper di dunia. Berasal dari Italia, kini pizza dapat dinikmati di hampir setiap belahan dunia. Bahkan di beberapa beberapa tempat juga mengalami transformasi dari segi topping yang beragam.

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

Tetapi, di balik semua itu, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa pizza yang berbentuk bulat, dikemas di dalam kotak berbentuk persegi dan dipotong menjadi bentuk segitiga? Tidak perlu khawatir, VIVA punya jawabannya.

Seperti dilansir dari Science ABC, Senin, 9 April 2018, kotak persegi lebih mudah dan lebih murah untuk dibuat. Ini karena kotak persegi dapat dibentuk dari satu lembar kardus. Selain itu, sifat kotak yang persegi juga membuat mereka lebih mudah disimpan, karena lebih stabil daripada kotak bundar.

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Argumen kotak berbentuk persegi lebih mudah dibuat dan disimpan mungkin sangat jelas, lalu mengapa tidak membuat kotak berbentuk bundar?

Pertama, itu akan sangat sulit dan menuntut banyak pekerjaan untuk memproduksinya. Kemudian, akan menghabiskan biaya yang lebih mahal untuk mengirim atau mengangkut kotak-kotak bundar yang telah dibentuk itu. Selain itu, pizzeria atau restoran pizza akan kesulitan karena kotak bundar memakan terlalu banyak ruangan saat disimpan.

Nikmatnya Pizza Italia Ala The Surosowan, Sensasi Lezat Kualitas Premium dengan Harga Terjangkau

Selain itu, kotak bundar harus dirakit dari setidaknya empat bagian terpisah, dan bahkan mungkin perlu ditekan bersama oleh mesin khusus.  Belum lagi, kotak bundar juga perlu dibangun dalam dua bagian terpisah, wadah dan penutupnya.

Ilustrasi pizza.

Secara aspek teknik, kotak berbentuk persegi akan membuat ruang di keempat sisinya. Ruang ini membuatnya lebih mudah bagi seseorang untuk mengangkat sepotong pizza.

Ruang di sudut-sudutnya juga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang ekstra, seperti oregano dan berbagai bahan lainnya.

Sementara itu, potongan segitiga adalah cara paling efisien untuk memotong lingkaran secara merata. Jadi, pizza yang berbentuk lingkaran akan dipotong menjadi bentuk segitiga karena kebutuhan. Hal ini juga menjadi ciri khas tersendiri bagi pizza.

Dari segi manfaat, pizza dipotong dengan bentuk segitiga agar setiap bagian memiliki bagian pinggirannya, yang kadang berisi keju meleleh. Selain itu bentuk segitiga juga membuat pizza lebih mudah dipegang dan dilipat jika Anda menyukai makan dengan cara itu.

Bahkan irisan dengan bentuk segitiga artinya setiap orang mendapatkan kenikmatan dan kelezatan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya