Meluruskan Persepsi Gizi dalam Susu Kental Manis

Susu kental manis.
Sumber :
  • Pixabay/ TheUjulala

VIVA – Baru-baru ini BPOM mengeluarkan Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 Tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya. Beredarnya surat ini pun mungkin membuat resah beberapa Geng Sehat yang selama ini beranggapan kalau susu kental manis dapat digunakan sebagai pengganti susu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi.

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Berdasarkan surat edaran BPOM itu, kandungan nutrisi pada kental manis, mengacu pada komposisi bahan yang terdapat di dalamnya, didominasi gula dan bukan susu. Sehingga tidak bisa disamakan dengan produk susu untuk anak. Lalu, apakah aman dan sehat dikonsumsi untuk anak? Bagaimana perbandingan komposisi antara susu kental manis dengan susu biasa? Nah, dikutip dari berbagai sumber, simak penjelasan selengkapnya yuk supaya Kamu tidak bingung lagi!

Terdapat banyak sekali produk dan jenis susu yang tersedia di pasaran, salah satunya ialah kental manis itu. Produk ini pasti sudah Kamu tahu sejak kecil, Gengs. Sebelum dinyatakan bukan produk susu oleh BPOM, kental manis diseduh dan dijadikan minuman yang sangat disukai anak-anak. Namun, apakah Kamu tahu apa perbedaan antara kental manis dengan produk susu sapi lainnya?

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Dikutip dari healthybuilderz.com, susu kental manis pada dasarnya merupakan susu sapi yang kandungan airnya sudah diambil dan dibuang. Setelah itu, susu kental ini ditambahkan banyak gula sehingga teksturnya menjadi kental dan lengket. Karena mengandung banyak gula, rasanya pun sangat manis, tidak seperti rasa susu sapi yang cair.

BACA SELENGKAPNYA

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting
Seorang Pelajar Ditangkap di Bandara Setelah Menyelundupkan Narkoba

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

 Seorang pria kewarganegaraan Inggris ditangkap setelah kedapatan menyelundupkan kokain yang disamarkan sebagai susu saat ia tengah keluar dari Kolombia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024