Tips Menyimpan Herba Segar di Rumah

Ilustrasi daun basil
Sumber :
  • Pixabay/tookapic

VIVA – Saat memasak pasta, atau pepes ikan lebih segar ditambahkan jenis-jenis tanaman herba seperti daun oregano, daun basil, atau daun kemangi yang segar. Tak hanya menambah kualitas rasa, aroma masakan dengan daun-daun herba juga lebih terasa nikmat.

Daun Lalapan Ini Bisa Atasi Rematik hingga Sakit Kepala

Namun, di Indonesia, tanaman-tanaman segar ini jarang ditemukan. Orang-orang lebih memilih bentuk herba kering. Tapi jika mengetahui cara menyimpannya dengan baik, kenapa tidak beralih kembali pada herba segar yang lebih memperkaya rasa. Dilansir Food Beast, berikut panduannya. 

Memilih herba

Konsumsi Daun Kemangi Ampuh Basmi Bau Mulut

Tak sesulit yang dibayangkan. Intinya harus selalu cerah, berwarna hijau dan daunnya selalu terasa segar serta kering. Menghancurkan daun bukan tindakan yang benar, dan hindari mememarkan herba

Menyimpan herba segar

Joss, Ternyata Daun Kemangi Ampuh Tingkatkan Vitalitas Pria dan Wanita

Lepaskan ikatan atau karet yang membuat rempah terikat jadi satu, biarkan herba segar tersebut bernapas. Cari sebuah gelas atau vas, tuangkan beberapa air ke dalamnya, dan perlakukan herba layaknya memperlakukan bunga. Tapi ingat jangan tambahkan air terlalu banyak ke dalamnya, dan jauhkan dari sinar Matahari langsung saat meletakkan vas. 

Dengan penyimpanan seperti itu bisa bertahan selama dua hingga tiga hari di ruang terbuka, atau satu pekan dalam lemari es, dan jangan lupa mengganti airnya. 

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membungkus mereka dengan tisu kertas dan menyimpan dalam kantong plastik dan diletakkan dalam lemari es. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk herba dengan batang pendek. 

Mencuci herba

Terlalu lembap bisa berakibat buruk pada remah. Jadi jangan mencucinya hingga herba siap untuk dimasak. Bilas di bawah guyuran air dingin, atau bisa meletakkannya dalam saringan dan biarkan air keluar dengan sendirinya. Setelah itu, keringkan sedikit dengan lap. 

Menyiapkan herba

Siapkan pisau tajam jika tak ingin merusak daun. Yang perlu dilakukan adalah memotong herba sebersih mungkin. Untuk kemangi dan sayuran hijau lainnya, bisa dilakukan dengan memotong halus. 

Tapi untuk herba tanpa daun, potong batangnya dan buat tumpukan dengan herba itu. Gerakkan pisau di atas tumpukan untuk membuat setiap bijinya lebih kecil. 

Membekukan herba

Jika menginginkan herba yang segar, gunakan cetakan es batu. Potong herba, tambahkan minyak zaitun ke dalamnya, kemudian tuangkan campurannya ke dalam tempat cetakan es batu. Bagian terbaik dari ini adalah hanya perlu mengeluarkan herba dalam es batu kemudian langsung digunakan di penggorengan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya