Menikmati Nasi Jamblang Cirebon

Nasi Jamblang Mang Dul
Sumber :
  • Mutia Nugraheni/ VIVAlife

VIVA – Jika Anda berkunjung ke Cirebon, maka wajib untuk menikmati salah satu makanan khas dari Kota Udang tersebut. Salah satunya yang terkenal adalah Nasi Jamblang. Makanan yang memiliki ciri khas dibungkus menggunakan daun jati itu telah terkenal di seluruh Indonesia sebagai makanan tradisional dengan rasa yang sedap.

Tujuh Rekomendasi Nasi Jamblang Terkenal Paling Enak di Cirebon

Salah satu rumah makan nasi jamblang yang terkenal di Cirebon adalah, Nasi Jamblang Mang Dul. Terletak di kawasan Kesambi, Kota Cirebon, Nasi Jamblang Mang Dul ini tidak pernah sepi pembeli. Rumah makan ini juga buka 24 jam penuh. 

Menurut keponakan Mang Dul, Hendra yang menjaga rumah makan tersebut, banyaknya pelanggan yang datang karena cita rasa yang tak pernah berubah sejak pertama kali berdiri di tahun 1982 lalu.  Terutama rasa lauknya saat mengonsumsi nasi jamblang. 

7 Rekomendasi Nasi Jamblang Paling Enak di Cirebon

“Untuk makanan khasnya juga yaitu sambel goreng, ikan asin, cemplung (perkedel kelapa), sayur tahu, dan goreng tempe tidak ada perubahan,” ujar Hendra saat ditemui VIVA di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dari menu-menu yang menjadi ciri khas itu, sambal goreng dan semur tahu yang menjadi primadona para pengunjung. Rasa sambal yang tidak terlalu pedas membuat makanan tersebut semakin digemari seluruh lapisan masyarakat.

Daun Jati dari Jawa Tengah Lebih Bagus untuk Membungkus Nasi Jamblang

Kemudian, soal harga tak perlu khawatir. Harganya tidak mahal. Cukup membayar Rp15 ribu, pengunjung yang datang dapat menikmati nasi jamblang dengan lauk pendamping ayam goreng.

Maka dari itu, tak heran jika makanan yang lebih enak dinikmati menggunakan tangan itu mampu mendatangkan banyak pembeli dari semua lapisan masyarakat, hingga para pejabat negara.

“Nasi jamblang Mang Dul ini mengincar masyarakat lapisan bawah, menengah, dan atas sampai banyak juga para pejabat yang datang ke sini,” ujar pria berusia 52 tahun itu.

Nasi Jamblang Cirebon


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya