Sensasi Ngopi di Puncak Pantan Terong Sambil Menikmati Keindahan

Pengunjung menyeruput kopi di atas puncak bukit Pantan Terong, Takengon, Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Udara segar pegunungan dan secangkir kopi panas merupakan salah satu perpaduan yang ideal. Di saat tubuh merasakan dinginnya semilir angin, hangatnya kopi yang diseruput bisa menjalar ke seluruh tubuh.

Mengintip Coffee Shop Lokal Diklaim Terbesar di Indonesia, Seperti Apa?

Hal tersebut bisa ditemukan di warung kopi Keniko di puncak Bukit Pantan Terong di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, yang letaknya tidak jauh dari danau laut tawar. Ketingggian bukit Pantan Terong itu mencapai 1.830 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain menyecap nikmatnya kopi dan hidangan lainnya, pengunjung akan mendapatkan bonus pemandangan yang indah, di mana bisa melihat hamparan kebun kopi, pemandangan kota Takengon, danau laut tawar serta barisan gunung yang masuk dalam kawasan Leuser. Apalagi warung kopi ini menghadap ke Kota Takengon dari atas ketinggian.

Peran Kopi Dalam Sejarah Minangkabau

Menikmati kopi di atas bukit Pantan Terong akan berbeda dengan di kafe pinggiran kota dengan iringan musik romantis sekalipun. Di warung kopi Keniko, pengunjung juga bisa mendapatkan sajian kopi khas Gayo kualitas terbaik.

Berbagai jenis olahan kopi juga ada di sini, mulai dari kopi Gayo, sanger, wine kopi, kopi tarik Aceh, kopi Arabica, kopi luwak putih dan masih banyak lagi. Menyeruput hangatnya kopi khas di ‘tanoh Gayo’ ini akan menjadi pelengkap wisatawan untuk menikmati suasana kesejukan di sekitar puncak Pantan Terong yang menjadi ikon wisata Aceh Tengah.

Pemberdayaan UMKM BRI, Buah Kopi Takengon Aceh sampai ke Amerika

Salah seorang barista di warung kopi Keniko, Khairul Fatah mengatakan, warung itu memang didirikan untuk memfasilitasi para wisatawan yang berkunjung ke Pantan Terong.

“Selain menikmati view kota Takengon dan Danau Laut Tawar, mereka juga bisa menyeruput kopi khas Gayo di sini, kopi yang kita jual tentunya khas Gayo yang kita olah jadi berbagai macam rasa kopi,” ujarnya kepada VIVA, belum lama ini.

Soal harga, rata-rata harga kopi di Keniko standar, mulai dari Rp8.000 hingga Rp25 ribu, tergantung jenis kopi serta olahannya. Di warung kopi Keniko juga menjual pernak pernik khas Gayo yang bisa Anda jadikan cenderamata.

Pengunjung menyeruput kopi di atas puncak bukit Pantan Terong, Takengon, Aceh

Daerah Tanah Gayo dan Alas, Aceh memang menjadi lokasi wisata alam yang cukup indah. Banyak destinasi yang rugi jika dilewatkan jika berkunjung ke sana. Adapun Pantan Terong terletak di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menuju ke Ibukota Aceh Tengah, Takengon. Setelah itu, tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 25 menit dengan jarak sekitar 10 kilometer (km).

Ketika hendak berkunjung, wisatawan tak perlu khawatir karena jalan yang menjadi akses menuju ke tempat wisata ini sudah sangat baik dan mulus. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati karena jalan menanjak serta dipenuhi dengan tikungan tajam.

Selain itu, yang perlu diperhatikan, jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket, karena dinginnya udara yang bisa menusuk hingga ke tulang. Yang pastinya tempat ini sangat cocok untuk menemukan ketenangan dan menyegarkan pikiran sembari menyeruput kopi khas Gayo. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya