Agar Bumbu Meresap, Pastikan Daging Dimarinasi Semalaman

Ilustrasi daging
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bumbu yang meresap ke dalam daging, biasanya akan menambah kenikmatan suatu hidangan. Namun, untuk membuat bumbu meresap dengan baik, memerlukan waktu atau durasi marinasi yang tepat.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Berbagai jenis daging akan lebih nikmat dengan perpaduan bumbu yang meresap hingga ke bagian terdalamnya. Biasanya, agar bumbu meresap, perlu dimarinasi atau membumbui dalam kurun waktu tertentu.

Lantas, berapa waktu minimal untuk memarinasi atau membumbui daging agar bumbunya meresap?

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Untuk marinasi daging, minimal satu jam dibiarkan dengan bumbu agar benar-benar meresap ke dalamnya," ujar Asisten Chinese Chef Tien Chao, Suyanto kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Menurutnya, memarinasi daging dalam waktu satu jam, akan memberi waktu untuk bumbu meresap dengan baik. Adapun waktu yang paling ideal untuk merendam bumbu dan daging yaitu semalaman.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Untuk daging dan seafood, lebih bagus dimarinasi semalaman. Jadi dimasukkan lemari pendingin semalaman dan besoknya dimasak," kata dia.

Tak lupa, Suyanto menjelaskan perlunya porsi bumbu dan daging yang tepat dalam melakukan proses marinasi. Sebab, porsi yang tidak sesuai membuat rasa atau bahkan tekstur daging tak lagi nikmat saat disajikan.

"Kalau bumbu dan daging porsinya tidak sesuai, saat dimasak, dagingnya bisa saja hancur. Itu perlunya bumbu yang tepat,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya