Logo BBC

Sekitar 60 Persen dari 124 Spesies Kopi Dunia Akan Punah

Kita meminum dua jenis kopi dari lebih 100 buah yang tumbuh di alam. - Getty Images
Kita meminum dua jenis kopi dari lebih 100 buah yang tumbuh di alam. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kajian menyeluruh pertama tentang risiko yang dihadapi tanaman kopi dunia menunjukkan 60 persen dari 124 spesies yang telah diketahui, kemungkinan akan menjadi punah. Lebih dari 100 jenis pohon kopi tumbuh secara alamiah di hutan, termasuk dua buah kopi yang kita biasa minum.

Para ilmuwan mengatakan, angka ini "mencemaskan" karena kopi liar sangat penting bagi kelangsungan tanaman kopi dunia. Sekitar satu dari lima tanaman dunia terancam punah dan angka 60 persen adalah "sangat tinggi".

"Jika bukan karena spesies liar, kita tidak akan memiliki kopi sebanyak yang kita minum di dunia saat ini," kata Dr Aaron Davis dari Royal Botanic Gardens, Kew, Inggris.

"Karena jika Anda melihat sejarah budi daya kopi, kita menggunakan spesies liar untuk membuat tanaman kopi yang memiliki keberlangsungan".


Arabica berasal dari dataran tinggi Ethiopia. - Getty Images

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances menemukan langkah konservasi yang telah dilakukan "tidak memadai" bagi kopi liar, termasuk yang dipandang "sangat penting" bagi produksi kopi dunia jangka panjang. Kajian tersebut menemukan 75 spesies kopi liar dipandang terancam punah, 35 di antaranya tidak terancam, dan hanya sedikit hal yang diketahui terkait 14 jenis sisanya untuk mengambil kesimpulan.

Tambahan lagi, ditemukan bahwa 28 persen spesies kopi liar tumbuh di luar daerah terlindung dan hanya sekitar setengahnya disimpan dalam bank bibit. Kajian kedua di Global Change Biology menemukan kopi Arabica liar dapat dikelompokkan dalam pemeringkatan resmi (IUCN Red List) ketika perkiraan perubahan iklim diperhitungkan.