Talenan Lama Bakterinya 200 Kali Lebih Banyak Daripada Dudukan Toilet

Talenan
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Memasak di dapur itu, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan kegiatan ini bisa menyatukan keluarga juga bisa lebih sehat dan murah.

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

Namun, dapur bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri. Itu sebabnya kita harus memperhatikan dengan cermat bagaimana kita mengolah daging mentah dan peralatan yang kita gunakan.

Dilansir laman World of Buzz, halaman Facebook Public Health Malaysia mengingatkan kita bahwa talenan yang bersentuhan dengan makanan, apakah di dapur sendiri atau di restoran favorit kita, mungkin bisa jadi penyebab timbulnya penyakit, terutama jika talenan sudah mengalami goresan, noda, dan berjamur.

Momen Sheila Dara Ngiris Bawang Disorot, Vidi Aldiano: Mau Diukir atau Dipahat?

Sebagian besar orang mungkin menganggap talenan yang bernoda atau tergores sebagai hal sepele dan selalu diabaikan. Tetapi talenan, justru bisa menjadi salah satu penyebab utama keracunan makanan, membuat Anda menderita diare, muntah, sakit perut, dan banyak lagi.

Menurut penelitian, seperti dikutip oleh Public Health Malaysia, satu sentimeter persegi dapat mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Ini sebenarnya adalah bakteri 200 kali lebih banyak daripada dudukan toilet Anda.

Pemilik Pisau Dapur Dekat Jasad Anak Pamen TNI AU yang Tewas di Halim Masih Jadi Misteri

Meskipun talenan tua ini tidak aman dan tidak bersih, kebanyakan dari kita masih akan menggunakannya tanpa khawatir.

Talenan

Sudut, celah, dan goresan pada talenan adalah rumah favorit bagi bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan banyak lagi. Dan jika talenan sudah mengalami kondisi demikian, biasanya akan sangat sulit dibersihkan. Dan perlu diketahui, 8 persen infeksi salmonella bisa menyebabkan meningitis dan E. Coli telah dikaitkan dengan kanker.

Adanya alur goresan bekas kegiatan memotong biasanya akan sangat dalam sehingga mencuci dengan cara biasa tidak bisa membersihkannya dengan sempurna hingga menjadi tempat yang nyaman untuk kuman dan bakteri bersarang.

Agar Talenan Tetap Bersih dan Sehat

Untuk menjaga agar talenan Anda tetap bersih, gunakan talenan terpisah untuk daging dan sayuran mentah. Jika tidak, bakteri dari ayam akan berpindah ke buah dan sayuran segar Anda.

Pastikan Anda tidak mencampur peralatan yang Anda gunakan untuk menyiapkan daging dan sayuran mentah juga untuk mencegah kontaminasi silang.

Jadi, jika talenan sudah terlihat banyak terdapat goresan, berjamur, bahkan berubah warna, segera bersihkan, atau segera ganti dengan yang baru.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya