Asida, Kue Kenyal Terlaris di Ternate Saat Ramadan

Asida takjil khas Ternate
Sumber :
  • VIVA/ Ifan Gusti/ Ternate

VIVA – Berburu takjil menjelang waktu buka puasa menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Bahkan di setiap daerah, memiliki makanan khas tersendiri untuk berbuka puasa.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Seperti halnya di Ternate, kuliner Asida atau dodol Arab menjadi kue yang paling laris diburu warga Ternate untuk hidangan berbuka puasa.

Saking larisnya, kudapan Asida dijual di seluruh lapak jualan takjil Ramadan di Ternate. Asal-muasal kuliner tersebut diperkenalkan para pedagang Arab saat menyiarkan Islam di Ternate pada abad ke-15 silam.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Bahan dasar Asida terbuat dari campuran terigu, gula merah dan mentega menyerupai dodol yang memiliki cita rasa kenyal dan manis.

Asida diproduksi hanya di bulan suci Ramadan. Kepada VIVA, Noni Agil, salah satu warga pembuat Asida yang ditemui di rumah produksi Asida kawasan Arab Kelurahan Falajawa II Ternate mengungkapkan, rata-rata ia memproduksi 200 sampai 400 pack Asida per hari. Sementara itu per pack-nya, Asida dijual dengan harga Rp5 ribu.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Bila Asida tak laku terjual, kue tersebut bakal ditarik kembali dan didaur ulang dengan campuran baru. Proses tersebut kata Noni, tidak akan membuat Asida basi atau cita rasa dan aromanya berkurang seperti kue lain pada umumnya.

“Ada juga yang dibuat di hari-hari biasa, tetapi untuk sekadar kue oleh-oleh bagi warga yang berpergian," ujar Noni.

Jika tertarik ingin membuatnyya sendiri di rumah, Noni memberikan resep cara membuat Asida ala Ternate. Berikut cara membuatnya.

1. Siapkan wajan di atas kompor dengan kondisi api sedang.
2. Masukkan gula merah 1 buah dan 4 gelas air matang.
3. Aduk hingga gula mera mencair.
5. Campurkan tepung terigu ke dalam gula merah yang sudah mencar. Jika ingin Asida memiliki tekstur kenyal, maka buat adonan agak cair.
6. Lelehkan mentega di atas permukaan wajan. Jika Anda menyukai kayu manis, maka boleh ditambahkan kayu manis atau bubuk kayu manis ke dalam wajan bersamaan dengan mentega dan gula pasir.
7. Setelah mentega meleleh tuangkan cairan mentega ke atas permukaan adonan.
8. Asida yang sudah jadi dibentuk sesuai selera Anda. (tsy)

Laporan: Ifan Gusti/ Ternate

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya