Jalan-jalan ke D'Arenberg, Kilang Anggur Terbaik di Australia

Kilang anggur D’Arenberg Cube di McLaren Vale, Australia Selatan.
Sumber :
  • Instagram @darenbergwine

VIVA – Bukan hanya pemandangan alamnya yang luar biasa, Australia juga terkenal dengan produksi wine atau anggur eksklusifnya. Bicara wine Australia, Anda wajib banget datang ke D’Arenberg Cube. Bangunan berdesain uniknya telah menjadi ikon perkebunan dan pengolahan anggur Australia, khususnya di McLaren Vale, Australia Selatan.

Kebakaran Hutan dan Virus Corona Ancam Industri Wisata Australia

Sebagai informasi, D'Arenberg juga merupakan salah satu dari dua kilang anggur terbaik di Negeri Kanguru. Tempat ini juga berada di posisi 29 daftar kilang anggur terbaik dunia tahun 2019.

Di McLaren Vale, kota kecil yang terletak 30 kilometer dari Adelaide ini, tersebar lebih dari 100 winery atau perkebunan anggur. Sebanyak 60 jenis wine seperti Shiraz, Mourvedre, Grenache, Tempranillo dan Chardonnay dihasilkan di sini. Demikian informasi yang berhasil dihimpun VIVA saat berkunjung ke sama beberapa waktu lalu.

Mantai di Cable Beach Australia, Bisa Lihat Fenomena Tangga ke Bulan

D’Arenberg Cube berbentuk seperti kubus permainan rubik. Di bangunan 5 lantai ini para pengunjung dapat melihat proses pengolahan anggur hingga menjadi minuman wine premium. Bangunan ini juga dilengkapi ruangan multimedia yang menghadirkan hiburan bagi pengunjung.

4 Tips Belanja Puas dan Enggak Ketipu Saat Liburan ke Australia

Selain daya tarik arsitekturnya, perkebunan D’Arenberg merupakan satu-satunya produsen wine di Australia yang memakai metode basket press dalam mengolah anggur. Proses ini melibatkan langkah menekan buah anggur di dalam sebuah wadah berongga hingga sarinya keluar, namun biji anggur tidak hancur dan merusak cita rasa wine.

The Cube juga dilengkapi restoran dan tempat bersantai, di mana para pengunjung dapat mencicipi wine yang dihasilkan kilang itu. Bangunan ini dibuka tahun 2003 dan terinspirasi dari kerumitan dalam proses pembuatan untuk mendapatkan anggur berkualitas.

D’Arenberg pada awalnya merupakan perkebunan anggur keluarga yang ada sejak tahun 1912 dan sangat terkenal di Australia dengan ciri khas garis merah diagonal pada labelnya.

Pengunjung yang datang ke sana juga akan diajak menjadi seorang winemaker di gedung ini. Anda dapat membuat wine sesuai selera rasa, tekstur dan aroma. Setelah itu, hasil campuran wine buatan Anda dimasukkan ke dalam botol 750 mililiter yang sudah dilabeli, Wine lantas bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. (zho)

Reporter: Ferri Damayanti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya