Begini Lho Cara Simpan Sayur dan Buah, Biar Segar Lebih Lama

Buah-buahan dan sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tren minum jus dari bahan sayuran dan buah tengah happening seiring dengan bergesernya gaya hidup masyarakat ke arah yang lebih sehat. Sayuran sendiri memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, perlu Anda perhatikan, dalam membuat jus tentu harus menggunakan sayur-sayuran yang masih segar. Salah satu cara untuk membuat sayuran tetap segar dan bertahan lama adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es.

Tetapi terkadang kita sering menemukan kondisi di mana sayur dan buah yang disimpan di dalam lemari es tetap menjadi layu atau keriput. Lalu, bagaimana cara menyimpan sayur dan buah agar tetap segar?

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Celebrity Chef, Steby Rafael mengatakan, salah satu langkah yang bisa dilakukan pertama-tama adalah dengan menyimpan sayur dan buah pada wadah terpisah. Ini dimaksudkan agar tidak tumpang tindih sehingga menyebabkan mereka rusak.

“Pakai kompartemen sendiri antara sayuran, buah sendiri. Takutnya akan tertekan. Selain itu juga mencegah terjadinya penyebaran aroma antara sayur dan buah. Sebagai contoh, citrus kan punya aroma khas. Jika bercampur nanti terjadi penyebaran dengan sayuran atau buah lain,” kata dia kepada VIVA saat ditemui baru-baru ini.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Dia melanjutkan, untuk sayuran, ada baiknya dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam lemari es. Hal ini dimaksudkan agar mencegahnya layu dan busuk karena kotoran yang masih tersisa di sayuran.

“Untuk sayuran, sebelum masuk ke kulkas, cuci bersih dulu. Seperti pokcoy itu ada tunas, kadang masih ada kotoran di sela-selanya. Bersihkan. Karena kalau masih ada sisa kotoran, bisa gampang layu dan busuk,” ujarnya.

Khusus sayur, setelah dicuci bersih, kata Steby, harus dikeringkan baru kemudian dimasukkan ke dalam plastik penyimpanan. Kemudian dia menyebut plastik penyimpanan  itu juga sebaiknya diberikan lubang agar bisa membuat sayur-sayur bisa tetap segar dan awet hingga 2-3 hari.

“Masukkan ke dalam plastik zip, kemudian dilubangi baru dimasukkan ke tempat khusus sayuran. Kalau soal suhu yang tepat itu ada di atas 0-4 derajat (Celsius). Kalau terlalu dingin bisa cepat busuk dan layu,” ucapnya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya