Daging Bisa Bertahan Lebih dari 1 Tahun, Begini Cara Simpannya

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Begitu banyak cara mengolah daging merah. Itulah sebabnya banyak orang sering membeli daging dalam jumlah besar. Baik untuk dimasak saat itu atau disimpan sebagian.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Salah satu cara untuk menyimpan daging agar tahan lama adalah dengan membekukannya di dalam freezer. Freezer pada dasarnya adalah ruang ajaib yang menghentikan waktu. Ini seperti menekan tombol pause pada makanan sampai mereka siap untuk dimasak.

Lalu. bagaimana cara tepat menyimpan daging di dalam lemari es? Celebrity Chef, Steby Rafael mengatakan bahwa hal utama yang perlu diperhatikan adalah lokasi pembelian daging.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

“Dari tempat beli sanitasinya bagus atau enggak, karena daging, protein gampang tercemar banget. Kalau beli di pasar, beli yang fresh. Kalau beli daging di lokasi dengan suhu ruang 20 derajat (Celsius),” katanya kepada VIVA saat ditemui belum lama ini.

Dia melanjutkan, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci daging. Setelah itu dikeringkan sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam freezer.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

“Kalau beli di pasar pastikan setelah pulang, daging cuci. Ini pasti banyak bilang enggak boleh tapi sebenarnya enggak. Kalau belinya di area yang kurang bersih, wajib dibersihkan untuk cegah pencemaran kuman di daging,” ucapnya.

Setelah daging dicuci, keringkan daging dengan tisu dapur (paper towel). Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada penyebaran kuman.

“Setelah dilap, taruh di tempat kedap udara, lalu masukkan ke storage. Suhu penyimpanan daging tepat 0 hingga 4 derajat (Celsius) untuk menghindari proses oksidasi. Kalau mau, dibekukan di suhu -18 derajat dan ini bisa tahan tahunan,” jelas dia. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya