Jangan Salfok Sama 4 Camilan yang 'Ngeres', Ada Memek dan Tolpit - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 19 Agustus 2019 | 15:31 WIB

Jangan Salfok Sama 4 Camilan yang 'Ngeres', Ada Memek dan Tolpit

Memek dan tolpit nama camilan yang rasanya yummy!
Memek, kuliner khas Simeulue.
Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Aceh)

Memek, kuliner khas Simeulue.

VIVA – Media sosial baru-bari ini ramai membicarakan sebuah kuliner asal Aceh bernama memek. Bahkan, Memek juga sempat menjadi trending di media sosial belum lama ini. Meski memiliki nama yang bagi sebagian orang tampak nyeleneh, Memek sendiri konon memiliki rasa yang lezat.

Bukan hanya Memek, ternyata juga ada sejumlah kuliner lain dengan nama yang tak kalah nyeleneh dan bikin salah fokus. Tapi, bagaimana ya, dengan rasanya? Berikut ini beberapa kuliner dengan nama nyeleneh yang tersebar luas di Indonesia.

Memek

Memek, kuliner khas Simeulue.

Kuliner yang satu ini belakangan diketahui berasal dari Aceh. Bahkan kue ini juga diusulkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). Nama asli memek sendiri ialah mamemek yang artinya menguyah atau menggit

Bahan dasar pembuatan memek berasal dari beras ketan putih yang digongseng, pisang, santan dan gula. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan ditumbuk menggunakan batang pisang atau bahan yang keras sampai benar-benar halus.

Kue Tete atau Kue Ape

Kue ape.
Kue yang satu ini sebetulnya juga terkenal dengan kue ape. Kue asal Betawi ini banyak dijajakan di berbagai tempat di Jakarta. Kue ape juga dikenal sebagai kue tete karena banyak yang menyebutnya mirip dengan payudara. Namun, kue ini memiliki rasa manis dengan aroma pandan yang menyertai.

Dawet Jembut Kecabut
Jangan buru-buru berpikiran negatif saat mendengar kulinet yang satu inil dawet jembut kecabut merupakan salah satu kuliner legendaris khas Purworejo. Nama dawet jembut kecabut sendiri berasal dari daerah tempat dawet itu dijual, yakni Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh alias Jembut Kecabut. Sebagian orang menganggapnya nyeleneh karena nama ini mirip dengan istilah bulu kemaluan.

Kontol Kejepit

Kuliner yang satu ini sebetulnya lebih dikenal dengan nama Tolpit atau kontol kejepit. Kue yang satu ini merupakan pangan khas Bantul, Jawa Tengah. Sepintas kue ini memang mirip dengan bagian testis pada laki-laki. Tapi, kuliner yang dijual di Pasar Turi, Bambanglipuro, memiliki rasa yang enak dan legit. Ini karena kuliner tersebut terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula jawa.

 

Saksikan Juga

Pada "Ngegas" di Timbang Badan One Pride MMA #32

SPORT - 13 menit lalu
loading...
Muat Lainnya...