Menikmati Ayam Kenduri di Tengah Hamparan Sawah Hijau

Ayam kenduri.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Jalan-jalan ke Sleman, Yogyakarta enggak lengkap rasanya tanpa kulineran. Sleman sendiri memiliki beragam restoran yang menyajikan makanan lezat. Nah, salah satu yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi adalah hidangan ayam kenduri.

Resep Otentik Keraton Yogyakarta Dipromosikan di Houston

Salah satu restoran yang menawarkan sajian ayam kenduri adalah Kembang Sawah yang berlokasi di daerah Tamanan. Tak hanya hidangan yang lezat, tempat ini juga menawarkan suasana persawahan dan desain interior khas Jawa yang begitu kental.

Letaknya yang berada di dekat sawah membuat pengunjung yang datang bisa bersantap sambil menikmati hamparan ladang persawahan yang hijau.

Mencecap Nasi Goreng Kambing Pliket Butet Kertaradjasa

Saat berkunjung ke sana belum lama ini, VIVA.co.id berkesempatan mencicipi salah satu menu unggulan di sana, yakni nasi ayam kenduri. Ayam kenduri sendiri merupakan sajian kuliner khas dari Sleman.

Nasi ayam kenduri terdiri dari nasi yang diletakkan melingkari satu ekor ayam ingkung dan disajikan dengan alas daun pisang. Ayam ingkung sendiri merupakan ayam berbumbu opor putih dengan cita rasa gurih dan empuk.

Ada Lumpia Enak dan Legendaris di Yogyakarta

Selain ayam ingkung, ada juga beberapa menu lainnya, seperti kerancam, kering tempe, godangan (sayuran yang diberi kelapa muda, telur dan sambal di bagian atasnya), sambal kentang dan lain-lain. Untuk nasinya, yang digunakan merupakan nasi gurih yang rasanya mirip seperti nasi uduk.

Soal rasa, ayam ingkung ini sendiri begitu gurih dan memiliki tekstur daging yang empuk meskipun menggunakan ayam kampung. Bumbunya pun meresap hingga ke bagian dalam ayam.

Sajian semakin terasa lezat jika dipadukan dengan godangan dan sambal yang pedas. Lidah pun bergoyang sambil menikmati pemandangan persawahan yang ada di depan mata.

Nasi ayam kenduri ini bisa dinikmati oleh lima orang dan dihargai sebesar Rp160 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya