Lagi Hits, Ternyata untuk Dapatkan Matcha Berkualitas Enggak Gampang
Rabu, 15 Januari 2020 | 12:34 WIB

Lagi Hits, Ternyata untuk Dapatkan Matcha Berkualitas Enggak Gampang

Matcha selain diminum langsung, bisa diolah jadi kudapan.
Bubuk dan minuman matcha
Photo :
  • Pixabay/dungthuyvunguyen

Bubuk dan minuman matcha

VIVA – Perjalanan matcha dari asal muasalnya di Jepang hingga menjadi booming di Indonesia melalui proses yang panjang dan berliku. Sampai akhirnya di era milenial ini matcha diolah lebih kasual sebagai flavour baru dari Jepang.

Sejatinya matcha dinikmati di negeri asalnya sebagai minuman seremonial. Matcha disajikan dalam upacara-upacara meditasi di kalangan bangsawan. Namun di Indonesia, màtcha lebih dikenal baik itu dalam bentuk ice cream, wafer, latte, pancake, hingga soba noodle.

Salah satu yang memulai tren matcha yaitu perusahaan Matchamu. Berawal dari hanya untuk kumpul komunitas hingga kini menjadi perusahaan besar yang memproduksi ragam varian berbasis matcha seperti kudapan ringan dan minuman sachet.

"Dalam perjalanan menuju Indonesia, Matchamu memulainya dari kafe di Jogja, barengan dengan pecinta teh lain di kompleks mahasiswa. Di situ kita ketemu komunitas pencinta teh Indonesia juga," ujar Tea Executive Officer MATCHAMU, Lintang Wuriantari, dalam acara konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa 14 Januari 2020.

Lintang menuturkan bahwa pengenalan rasa matcha yang unik dan khas tidak membutuhkan proses yang panjang karena mudah diterima di lidah masyarakat Tanah Air. Apalagi, matcha memang dapat dinikmati oleh setiap orang.