Batas Aman Minum Kopi untuk Ibu Hamil

Minum Kopi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa jenis makan dan minum bagi ibu hamil kerap dijadikan pantangan lantaran dikhawatirkan memicu masalah kesehatan. Salah satunya, minum kopi yang katanya bisa membahayakan ibu maupun janin. Benarkah?

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Kopi saat ini sudah menjadi minuman kekinian yang disukai semua kalangan. Baik muda maupun tua, tak keberatan mengonsumsi kopi, apalagi dengan menjamurnya berbagai kedai.

Baca juga: Rutin Konsumsi Kopi Bisa Cegah Penis Cepat 'Loyo'

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Di sisi kesehatan pun, banyak penelitian yang menunjukkan manfaat baik dalam mengonsumsi kopi secara rutin. Tapi di sisi lain, konsumsi kopi juga memiliki dampak buruk pada tubuh, termasuk ibu hamil.

"Konsumsinya pada waktu kehamilan sudah matang atau besar, kafein yang diminum akan masuk ke plasenta bayi sehingga ada kandungan kafein yang mengalir," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr Verawati Sudarma M.Gizi., Sp.GK., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, baru-baru ini.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Dampak kafein pada janin di usia kehamilan yang cukup matang, lanjut dia, berisiko pada kondisi berat bayi lahir rendah. Tak hanya itu, risiko yang lebih berbahaya seperti kematian janin pun bisa terjadi.

"Dikhawatirkan akan memicu bayi lahir rendah, abortus spontan, dan bayi mati dalam kandungan. Sehingga harus pertimbangankan juga hal-hal tersebut," paparnya.

Adapun batasan aman mengonsumi kopi pada ibu hamil, berdasarkan berbagai penelitian, sekitar 2-3 cangkir.  Dianjurkan, para ibu hamil tetap konsultasi terlebih dahulu pada dokter jika ingin mengonsumsi kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya