9 Makanan Sehat dan Rendah Karbohidrat, Bisa untuk Diet Aman

9 Makanan Sehat dan Rendah Karbohidrat, Bisa untuk Diet Aman

Jumat, 12 Juni 2020 | 10:01 WIB
Jangan hilangkan karbohidrat dari diet anda.
Brokoli.
Photo :
  • U-Report

Brokoli.

VIVA – Karbohidrat telah mendapatkan reputasi buruk, terutama di kalangan mereka yang ingin mneurunkan berat badan. Beberapa diet menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dalam rencana mereka.

Tetapi menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari diet Anda bisa lebih berbahaya daripada yang baik, itulah sebabnya Anda harus tetap memiliki karbohidrat sehat.

Dua jenis karbohidrat

Ada dua jenis karbohidrat, yaitu yang sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana ditemukan dalam makanan seperti gula, madu, pasta, roti, jus buah. 

sedangkan karbohidrat kompleks ditemukan dalam biji-bijian utuh, jagung, kacang polong, pasta / roti gandum, kentang manis dan beberapa sayuran.

Karbohidrat sederhana, saat dicerna oleh tubuh, dengan cepat berubah menjadi glukosa. Sementara karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dikonversi menjadi glukosa. 

Itu sebabnya ketika Anda memiliki karbohidrat sederhana, Anda mendapatkan energi instan karena ada lonjakan tiba-tiba dalam kadar gula darah. Tetapi karbohidrat sederhana tidak membuat kenyang lebih lama dan dengan demikian Anda akhirnya lebih cepat lapar.

Faktor lain yang membuat  karbohidrat baik atau buruk adalah jika mereka memiliki serat. Sebagai contoh, sebuah apel memiliki karbohidrat tetapi juga memiliki serat yang cukup, yang membuatnya sangat sehat.

Karbohidrat sederhana memiliki nutrisi yang meningkatkan kadar gula darah, membuatnya tidak sehat bagi pengamat berat badan dan orang-orang dengan gula darah tinggi.

Berikut adalah daftar 9 makanan sehat yang rendah karbohidrat dilansir dari Times of India.

Brokoli

Satu cangkir brokoli cincang (11,2 gram) memiliki sekitar 2,2 gram gula dan 5,1 gram serat. Brokoli rendah karbohidrat dan dikemas dengan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6 dan serat. Anda bisa menumis brokoli dalam minyak zaitun dan bawang putih  untuk hidangan sehat dan memuaskan.