Jika Gak Dimasak dengan Benar, 8 Makanan Ini Berbahaya bagi Tubuh
Sabtu, 4 Juli 2020 | 11:00 WIB

Jika Gak Dimasak dengan Benar, 8 Makanan Ini Berbahaya bagi Tubuh

Mulai dari susu hingga telur.
Telur dan susu.
Photo :
  • Times of India.

Telur dan susu.

VIVA – Terkadang, makanan yang umum kita konsumsi sehari-hari, dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan. Inilah alasan mengapa makanan diolah atau dimasak dengan cara tertentu sebelum dikonsumsi.

Jika tidak dimasak dengan benar, beberapa makanan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, bahkan keracunan. Berikut 8 makanan yang bisa berbahaya bagi tubuh jika tidak dimasak dengan benar, dikutip dari Times of India, Sabtu, 4 Juli 2020.

Kentang

Ilustrasi kentang.

Tunas biasanya tumbuh pada kentang jika disimpan terlau lama. Ini mengandung racun glycoalkaloids. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat menyebabkan diare, kram, koma, bahkan kematian dalam beberapa kasus. Cara terbaiknya, buang bagian tunas, lalu masak dengan baik.

Ayam

Daging ayam mentah.

Ayam harus dimasak hingga matang. Unggas satu ini dapat menjadi sumber banyak bakteri penyebab penyakit, seperti campylobacter dan salmonella. Jadi, pastikan untuk selalu memasak ayam secara menyeluruh.

Ayam harus dimasak dengan suhu 165 derajat Celsius. Itu adalah ukuran yang bagus untuk memastikan ayam sudah matang dengan sempurna.

Singkong

Ilustrasi singkong.