5 Kreasi Tumpeng Bertema HUT RI, Simpel dan Unik

Tumpeng merah putih
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya identik dengan penyajian tumpeng. Termasuk, saat menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-75, yang beberapa hari lagi akan kita rayakan.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Jika kamu berniat ingin membuat tumpeng baik untuk mengikuti perlombaan atau dinikmati sendiri bersama keluarga, berikut beberapa kreasi tumpeng bertema HUT RI untuk inspirasi kamu dikutip dari berbagai sumber.

Nasi Tumpeng Cantik
Resep berikut bisa dinikmati untuk 10-12 porsi. Berikut cara membuatnya.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Bahan-bahan: 

1 kg beras
100 gr beras ketan
1 bungkus santan instan
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 ruas kunyit ditumbuk ambil airnya
2 cm laja
3 buah sereh
5 lembar daun jeruk
3 lbar daun pandan
1 liter air
1 sdt bumbu penyedap rasa sapi
2 sdt garam

Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi Harap Ada Hotel di IKN Rampung Sebelum HUT RI

Baca Juga: Unik, Peringati Kemerdekaan RI Lewat Napak Tilas Jejak Kerajaan Jawa

Cara membuat:
1. Cuci bersih beras dan rendam beras ketan selama 5 jam, lalu kukus bahan tadi selama 15 menit.

2. Tumis bawang merah, bawang putih yang telah dihaluskan dengan perasan air kunyit hingga harum. Masukkan air santan dengan air, lengkuas, sereh, daun jeruk, daun pandan, garam sampai mendidih.

3. Masukkan beras yang telah dikukus ke dalam air bumbu hingga mendidih. Masak sampai airnya surut. Lalu, sisihkan. Kukus selama 1,5 jam sampai matang.

4. Tata di atas tampah atau nampan dengan aneka lauk. Jangan lupa tambahkan bendera merah putih kecil di atasnya.

Tumpeng merah putih
Nasi tumpeng enggak harus berwarna kuning. Kamu, bisa bekreasi dengan membuat nasi tumpeng merah putih. Warna merahnya bisa kamu dapatkan dari buah bit yang diperas lalu disaring. Kemudian, dimasukkan bersama air dan santan saat menanak nasi.

Untuk mendapatkan warna putihnya, kamu bisa membuat nasi uduk. Setelah itu, cetak nasi dengan menggunakan cetakan tumpeng. Pertama, dahulukan nasi berwarna merah pada puncak kerucut, kemudian dilanjutkan dengan nasi uduk di bagian bawahnya.

Tumpeng mi
Bosan dengan nasi? Kamu bisa menggantinya dengan mi goreng. Pertama, buat mi goreng. Kemudian, cetak dengan menggunakan cetakan tumpeng. Padatkan agar tidak hancur saat di balik. Jika kamu penyuka makanan pedas, kamu bisa menambahkan sambal sesuai selera. Lengkapi dengan lauk pauk dan hiasan.

Tumpeng nasi goreng
Buat dulu nasi goreng dengan bumbu dan selera masing-masing. Setelah itu, nasi dicetak dan dipadatkan. Untuk pelengkapnya, kamu bisa menambahkan kentang kering pedas, irisan telur dadar, tahu dan tempe bacem, ikan asin goreng, dan lain-lain.

Tumpeng jajanan pasar
Kreasi tumpen satu ini juga enggak kalah menggoda, bukan? Untuk bentuk tumpengnya, kamu bisa menggunakan ketan atau lemper yang dibuat mengerucut. Lalu, di sekelilingnya tambahkan aneka jajanan pasar sesuai selera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya