Lima Ragam Makanan Khas 17-an, Apa Saja?

Lima Ragam Makanan Khas 17-an, Apa Saja?

Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:54 WIB
Makanan khas ini ada saat perayaan 17-an.
Kue awuk awuk
Photo :
  • https://budaya-indonesia.org/

Kue awuk awuk

VIVA – Pekan depan masyarakat tanah air akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75  Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini sejumlah kegiatan seperti pelaksanaan upacara bendera, perlombaan hingga pawai karnaval ditiadakan. Hal ini lantaran adanya pandemi COVID-19. 

Meski begitu, kita masih tetap bisa memaknai perayaan HUT RI Ke-75 tahun dengan cara yang berbeda. Salah satunya menghidangkan sejumlah makanan khas 17-an di rumah. Lalu apa saja sih ragam makanan khas selama 17-an? 

Berikut ini lima makanan khas Indonesia yang selalu hadir saat perayaan hari kemerdekaan RI, seperti yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Urap

Urap menjadi salah satu makanan yang sering ditemui ketika perayaan 17an. Berasal dari tanah Jawa, makanan ini merupakan perpaduan sayuran rebus seperti wortel, kacang panjang, kubis, daun pepaya, mentimun yang ditaburi dengan kelapa parut yang telah dibumbui dan daun kemangi. Umumnya urap ini akan ditemukan sebagai salah satu pelengkap makanan pada nasi tumpeng.

2. Nasi tumpeng

Nasi tumpeng menjadi makanan selalu hadir dalam perayaan HUT RI. Nasi tumpeng sendiri merupakan nasi kuning yang dipadatkan dan dibentuk menyerupai kerucut.

Berita Terkait :
Saksikan Juga