RESEP: Nasi Kuning Tumpeng Istimewa untuk Menu 17 Agustus

RESEP: Nasi Kuning Tumpeng Istimewa untuk Menu 17 Agustus

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 08:00 WIB
Banyak menu hidangan yang biasa disajikan saat perayaan 17 Agustus.
Nasi tumpeng/nasi kuning.
Photo :
  • Cookpad/Milanike

Nasi tumpeng/nasi kuning.

VIVA – Senin, 17 Agustus 2020, masyarakat di tanah air akan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Di perayaan 17 Agustus, sejumlah makanan khas biasa disuguhkan. Salah satunya adalah nasi tumpeng.

Nasi tumpeng sendiri merupakan nasi kuning yang dipadatkan dan dibentuk menyerupai kerucut. Dalam penyajiannya, nasi tumpeng akan diberi pelengkap seperti oseng tempe, ayam goreng, sambal goreng kentang, telur dadar iris, perkedel hingga urap yang mengelilingi wadah tumpeng.

Baca Juga: Heboh Dosen Seks Oral di Palembang, Kenali 4 Bahayanya

Nasi tumpeng sendiri pun memiliki filosofis yang besar. Dr. Ari Presetiyo, SS,MSi, dosen Sastra Jawa di Universitas Indonesia mengatakan bahwa nasi tumpeng merupakan bentuk representasi hubungan antara Tuhan dengan manusia dan manusia dengan sesamanya.

Secara etimologi dalam masyarakat Jawa, ditemukan bahwa kata 'tumpeng' merupakan akronim dari kalimat 'yen metu kudu mempeng'. Artinya, ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat.

Meski tahun ini kita harus merayakan 17 Agustus di rumah saja, bukan berarti kita enggak bisa makan nasi tumpeng. Kita bisa bikin nasi tumpeng untuk makan siang atau makan malam bersama keluarga saat 17-an nanti.

Berikut ini resep nasi kuning tumpeng dari pengguna Cookpad, Milanike, dikutip Sabtu, 15 Agustus 2020.

Berita Terkait :
Saksikan Juga