Manfaat Tomat Jenis Baru Ini Dua Kali Lipat dari Tomat Biasa

Tomat
Sumber :
  • Dailymail
6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
VIVAlife - Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan menunjukkan bahwa tomat dapat memiliki cita rasa yang lebih lezat dan dapat tetap segar dua kali lipat dari biasanya. Para peneliti mengatakan bahwa antioksidan yang ditemukan di tomat GM ungu yang merupakan tomat jenis baru dapat bertahan lebih lama dari tomat biasa yaitu selama 48 hari.

Hal tersebut dikarenakan pigmen alami yang terkandung di tomat jenis baru ini mampu melambatkan proses pembusukan yang mana juga mampu menciptakan rasa tomat yang lebih lezat.

Dilansir dari Dailymail, studi sebelumnya yang dilakukan pada tomat GM ungu ini menunjukkan zat anthocyanin yang terkandung di dalamnya memperpanjang usia seekor tikus yang mengidap kanker. Para peneliti di The John Innes Centre, Norwegia tersebut juga menemukan bahwa tomat ungu jenis baru ini lebih tahan terhadap hama.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Salah satunya adalah hama Botrytis Cinerea di mana hama ini menyebabkan tomat memiliki bercak abu-abu pasca panen.

Saat menghasilkan tomat berwarna ungu ini, awalnya para peneliti mengaku ingin mendapatkan tomat yang dapat bertahan lebih lama. Mereka kemudian memanen tomat lebih cepat saat masih hijau. Kemudian tomat hijau tersebut disuntikkan ethylene untuk mematangkan mereka secara artificial. Sayangnya cara ini menyebabkan tomat kehilangan rasa.

Peneliti kemudian mencoba metode lain yaitu dengan memasukkan anthocyanins, di mana zat ini dapat memperlambat tomat cepat matang sehingga mengarah menjadi busuk, lalu mengubah warna dan cita rasa tomat menjadi berwarna ungu dan lebih segar. (eh)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024