Selain Tahu Tempe, Ada Pilihan Lain untuk Memasak Bacem

Tahu dan tempe bacem.
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha
VIVALife - Mengkreasikan hidangan tradisional Indonesia bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Bahkan, banyak inovasi-inovasi baru yang dilakukan para pelaku usaha kuliner, agar menu yang ditawarkan menjadi lebih unik dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Yang harus Anda ingat adalah selalu berusaha untuk kreatif dan mencari ide-ide agar masakan tradisional yang biasa Anda nikmati memiliki kualitas yang setingkat lebih tinggi. Ini juga merupakan pilihan bagi para ibu-ibu agar keluarga tidak bosan menyantap menu masakan yang itu-itu saja.
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Salah satu hidangan nusantara yang bisa Anda coba kreasikan ialah bacem. Hidangan bercita rasa manis dari tanah Jawa ini biasanya menggunakan tahu, tempe atau ayam. Nah, banyak yang dapat dilakukan untuk mengkreasikan hidangan bacem agar lebih lezat.
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

"Banyak cara untuk mengkreasikan hidangan bacem mulai dari menambahkan bahan atau bumbu lain atau mengganti metode menggoreng sebagai langkah penyelesaian," ujar Odilia Winneke, saat ditemui dalam acara peluncuran Bango Bumbu Bacem di Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis 11 Desember 2014.

Bahan makanan yang dapat dimasak bacem tidak terbatas hanya tahu, tempe atau ayam saja. Menurut Odilia, burung puyuh, burung dara dan daging merah pun bisa digunakan saat memasak bacem. Namun, jika Anda memilih daging merah, cita rasanya akan seperti empal manis.

"Di Yogyakarta, ada rumah makan yang menjual menu bacem kepala kambing. Jadi, bahan makanan apa saja bisa dibacem," ujarnya.

Bagi Anda yang suka makanan bercita rasa pedas, bacem memang lebih dominan rasa manis, sehingga Anda dapat menambahkan cabai sesuai selera. Walaupun tahu, atau tempe bacem yang telah matang bisa dinikmati bersama cabai rawit atau sambal, menambahkan cabai saat sebagai bumbu masak juga bisa dilakukan.

"Cukup dihaluskan bersama ketumbar, gula aren, bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya," ujar wanita yang biasa disapa Mbak Odi itu.

Anda juga bisa menambahkan sedikit air kelapa, agar cita rasa menu macem menjadi lebih gurih. Untuk gula, disarankan menggunakan gula aren yang lebih kaya rasa.

Untuk Anda yang sedang mengurangi makanan gorengan, tahu atau tempe yang telah diungkep dengan bumbu bacem bisa langsung Anda santap tanpa menggorengnya terlebih dahulu. Membakar tahu, atau tempe bacem juga merupakan salah satu alternatif yang jauh lauh sebih sehat.

"Malah kalau di-grill tempe bacem jadi lebih enak karena ada cita rasa asapnya," tambah Odilia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya