Nikmatnya Opor Jantung Pisang Disantap dengan Nasi Singkong

Opor jantung pisang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat
VIVA.co.id
Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol
- Kendati nasi yang berasal dari beras tidak sulit untuk didapatkan, tetapi nasi singkong sebagai alternatif pengganti nasi lebih mantap bila disandingkan dengan opor jantung pisang, sayur lompong atau pecel lele.

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital

Kecamatan Selaawi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merupakan daerah yang memang sering mengalami kekeringan. Produksi petani padi terkadang hanya sekali dalam setahun menunggu musim penghujan datang.
Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta


Ketua Penggerak PKK, Desa Cigawir, Kecamatan Selaawi Garut, Ai Rustini, mengatakan sudah sejak lama mengenalkan nasi singkong kepada para ibu di desanya, hal itu sebagai antisipasi jika para ibu mengalami ksulitan mendapatkan beras.


"Maklum di desa kami memang sering mengalami kekeringan, sehingga kami perlu mengajarkan para ibu untuk membuat nasi dengan bahan dasar singkong", ujar Ai, Rabu 27 Mei 2015, kepada
VIVA.co.id
.


Alasan singkong sebagai bahan dasar nasi, karena singkong tumbuh baik didaerah kering, sehingga hampir semua warga Cigawir memiliki beberapa tanaman yang biasa ditanam dihalaman rumah seperti singkong, pisang maupun talas.


"Jadi tanaman yang ada di halaman rumah itu bisa dimamfaatkan untuk makanan sehari-hari," ungkap Ai.


Lanjut Ai, untuk mengolah singkong jadi nasi sangat mudah, mula-mula singkong dikupas, kemudian dijemur hingga kering, lalu ditumbuk, setelah halus, lalu di kukus hingga matang.


"Disajikan dengan pecel lele, sayur lompong atau opor jantung pisang juga bisa," lanjut Ai. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya