Lima Bahaya Kurang Tidur untuk Hidup Anda

Ilustrasi pria tidur
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
- Waktu tidur mungkin tidak terlalu penting buat sebagian orang. Tapi ternyata orang-orang yang meremehkan waktu tidur adalah mereka yang merusak hidup mereka. 

Lima Cara Mudah Tidur Cepat
Setelah membaca ini sebaiknya Anda harus memikirkan ulang untuk tidak meremehkan masalah tidur, di balik masalah waktu tidur yang kurang, ternyata banyak bahaya yang sangat merugikan masa depan Anda. 

Studi: Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria
Tidur kurang dari waktu yang diharuskan, bisa membunuh Anda dan karier Anda. Mau tahu kenapa hal ini bisa terjadi? Di bawah ini ada lima bahaya yang diakibatkan dari kurang tidur menurut Tung Desem Waringin.

Menurunkan konsentrasi

Saat Anda tidur kurang dari waktu yang menjadi kebutuhan waktu tidur Anda, akan mengurangi respons sel otak Anda. Karena pada saat tidur otak Anda menghapus protein beracun dari neuron yang merupakan hasil dari aktivitas saraf ketika Anda beraktivitas.

Jadi, ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, protein beracun akan tetap berada di sel-sel otak Anda dan merusak kemampuan Anda dalam berpikir. 

Mengakibatkan diri Anda kurang fokus

Hal ini sangat berbahaya bagi Anda yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi dan mengendarainya sendiri. Kurang fokus ini didapatkan karena hasil dari rasa kantuk yang menyerang tubuh Anda akibat kurang tidur. Kurang fokus juga bisa merusak aktivitas yang Anda kerjakan, seperti mengerjakan pekerjaan di kantor dan belajar disekolah.

Berakibat buruk bagi kesehatan

Tidak seperti dua hal di atas, kurang tidur memengaruhi kinerja Anda dalam beraktivitas atau melakukan pekerjaan. Kurang tidur juga sangat berakibat buruk buat kesehatan Anda, orang yang kurang tidur akan sering terlihat pucat, dan rentan terkena penyakit.

Hal ini terjadi karena pada saat tidur yang cukup tubuh Anda akan memberikan respons untuk mengeluarkan zat beracun dan mengganti dengan kolagen baru yang baik untuk kulit Anda. Serta pada saat Anda kurang tidur, daya tahan tubuh Anda akan berkurang drastis sehingga menyebabkan orang kurang tidur gampang terkena penyakit.

Memengaruhi tingkat emosional

Mungkin Anda pernah merasa saat Anda kurang tidur, Anda menjadi cepat marah dan bisa mengontrol emosi di dalam hati dan pikiran. Ini diakibatkan pada saat Anda kurang tidur, Anda merasa sangat lelah dan mau berhenti dari semua aktivitas. Rasa lelah itu yang menyebabkan respon hati dan pikiran Anda menjadi negatif, sehingga menjadi cepat marah dan tidak bisa mengontrol emosi bahkan hingga menangis.

Mempercepat penuaan

Orang yang kurang tidur pasti akan terlihat lebih tua, bukan hanya dari segi fisik dan kesehatan tapi juga dari segi pikiran. Dari segi fisik, orang yang kurang tidur memiliki kulit yang terlihat pucat dan kusam serta kerutan kerutan halus akan sangat telihat.

Dan dari segi kesehatan orang yang kurang tidur akan lebih mudah sakit dan membuat dia lima tahun jauh lebih tua dari umur sebenarnya. Sedangkan dari kinerja otak orang yang kurang tidur akan sering merasa lupa, hal ini di sebabkan karena hilangnya konsentrasi dan fokus dalam otak.

Itulah bahaya kurang tidur yang wajib Anda tahu, agar Anda tidak meremehkan waktu tidur. Dan lebih disiplin untuk waktu tidur, hindarilah tidur lebih dari jam 12 malam karena kolagen dalam tubuh akan bekerja pada jam 1 hingga jam 2 malam.

Temukan beberapa tips kehidupan yang sangat bermanfaat lainnya di sini Laruno. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya