Alasan Tomat Tidak Boleh Disimpan di Lemari Es

Ilustrasi tomat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Konsumsi Tomat Efektif Cegah Keriput
- Anda mungkin telah diberitahu berulang kali bahwa Anda sebaiknya tidak menyimpan tomat di dalam lemari es. Hal itu karena tomat akan lebih cepat busuk dan terasa buruk saat disimpan di suhu dingin.

Khasiat dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan
Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan hal tersebut dengan alasan kebiasaan.

Wanita Ini Membeli Tomat yang Tidak Dapat Membusuk
Namun, mungkin setelah membaca artikel ini Anda akan segera mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Dilansir dari Huffington Post, tomat berasal dari daerah dengan iklim hangat, sehingga mereka lebih bertahan di kondisi panas.

Tomat yang disimpan di lemari es tidak hanya mengerut, namun juga mengalami perubahan kimia yang melemahkan cita rasa dan mengubah teksturnya. Rasa khas tomat yang kuat adalah hasil dari senyawa aroma volatil.

Suhu dingin lemari es akan menghentikan produksi senyawa baru dan memperburuk kondisi senyawa yang sudah ada di dalam tomat.

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan di French National Institute for Agricultural Research.

Tak hanya itu, suhu dingin juga akan memengaruhi dinding sel pada tomat dan mengubahnya menjadi mengerut. Tomat pun akan memiliki tekstur daging buah yang berpasir layaknya tepung. Ini lebih banyak terjadi pada tomat yang belum matang secara sempurna yang disimpan di dalam lemari es.

Namun, selalu ada pengecualian dalam setiap aturan. Ya, ada kalanya lemari es dapat membantu Anda dalam hal menyimpan tomat. Jika tomat yang Anda beli sudah matang dengan sempurna dan tidak ingin langsung dikonsumsi, Anda bisa menyimpannya di lemari es. 

Suhu dingin akan mempertahankan kematangan tomat dan meminimalisasi rasa yang hilang, jika Anda mendiamkannya terlebih dahulu di suhu ruangan sebelum diolah atau dikonsumsi. Sebaliknya, jika tomat yang telah matang disimpan di luar lemari es, akan membusuk dalam hitungan hari. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya