Studi: Musik Pengaruhi Kemampuan Merasakan Wine

Ilustrasi red wine atau anggur merah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Single Terbaru Yura Yunita Libatkan Dua Negara
- Musik ternyata mampu memengaruhi cita rasa wine. Ya, orang yang mendengarkan musik sambil mengonsumsi wine akan merasakan cita rasa yang sama dengan jenis musik yang didengar, menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Delapan Cara Kreatif Hasilkan Uang dari Musik
Dilansir dari Times of India, Profesor Adrian North dari Herriot-Watt University di Edinburgh memberikan tes rasa kepada sebanyak 250 mahasiswa sambil mendengarkan musik. 

Yura Yunita, Glenn Fredly dan Kisah Cinta di Negeri Sakura
Para mahasiswa yang diberikan wine Alpha 2005 Cabernet Sauvignon atau Chilean Chardonnay mendengarkan empat lagu dengan karakteristik yang kontras.

Mahasiswa-mahasiswa ini kemudian diminta mendeskripsikan rasa wine yang mereka minum. Hasilnya menunjukkan bahwa musik yang mereka dengar secara konsisten memengaruhi bagaimana mereka merasakan cita rasa wine.

Mereka mendeskripsikan wine memiliki rasa yang 'kuat dan berat', 'ringan dan jernih', 'enak dan menyegarkan' dan 'mellow dan lembut'.

Kedua wine tadi paling banyak dikatakan memiliki rasa yang 'berat'  mahasiswa yang mengonsumsinya sambil mendengarkan musik beraliran klasik. Padahal dua wine tadi bisa dikatakan memiliki cita rasa yang ringan dan lembut.

Menurut North, bagi yang ingin merasakan wine yang earthy dan full-bodied, peminum harus menikmatinya sambil mendengarkan musik-musik yang lembut.

Studi ini telah dipublikasikan di British Journal of Psychology.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya