Ketahui Pola Asuh Orang Tua Pembentuk Kepribadian Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • http://elitedaily.com

VIVA.co.id – Pola asuh orang tua penting untuk menjadikan anak tumbuh cerdas dan menjadi pribadi yang tahu apa yang diinginkannya.

Mohamed Hadid Buka-bukaan soal mengasuh Gigi, Bella, dan Anwar Hadid

Dan tidak jarang pola asuh yang salah membuat orang tua merasa frustasi, anaknya tidak pintar, tidak mau mendengar. Padahal ternyata, pola asuh orang tua itu ada beberapa macam, dan pola asuh itu tidak bisa semuanya diterapkan kaku pada semua anak.

Anak memiliki kecerdasan yang berbeda, yang semuanya memerlukan pola asuhnya masing-masing. "Tidak ada anak yang tidak cerdas, hanya bagaimana informasi yang didapat anak bisa cocok  atau tidak dengan anak itu sendiri," ujar Psikolog Dr. Rose Mini A Prianto beberapa waktu lalu.

Geger Pria Pintar Jadi Pengangguran, Sebut Bentuk Balas Dendam ke Orangtua

Menurut dia, tiap anak berbeda. Anak bisa menjadi tulalit karena cara menyampaikan informasinya antara pemberi informasi dengan anak tidak searah atau diterima dengan baik.

Dari hasil penelitian bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua berpengaruh besar pada kemampuan sosial, emosional dan intelektual anak. Dari empat macam pola asuh akan terbentuk beragam kepribadian anak.

Pola Asuh Anak, Mengapa Remaja Perlu Tahu

Pola asuh uninvolved atau tidak terlibat

Anak cenderung menjadi tidak dewasa, kurang perhatian, self esteem kurang berkembang, terhambat dalam penyesuaian diri, spontan, dan berani mencoba.

Pola asuh indulgent atau permisif

Anak menjadi pribadi yang kurang dewasa, kurang teratur, egois, mudah menyerah, tidak disiplin, kreatif, asertif, dan percaya diri.

Pola asuh authoritative atau demokratis

Anak ceria, menyenangkan, kreatif, cerdas, percaya diri, terbuka pada bunda, tidak mudah stres dan depresi, berprestasi baik, dan disiplin.

Pola asuh authoritarian atau otoriter

Anak menjadi pribadi yang mudah cemas, kurang percaya diri, kurang komunikatif, sulit membuat keputusan, cenderung memberontak, mudah sedih, tertekan, dan mandiri.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya