Trik Hadapi Anak yang Banyak Bertanya

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Anak-anak pada dasarnya punya rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka ingin tahu bagaimana dunia ini bekerja dan kenapa. Mereka belajar dengan tiga cara, melalui eksplorasi, mengamati, dan tentu saja bertanya pada orang yang mereka percaya yaitu Anda, orangtuanya.

Yuk Coba Moms, 6 Trik Pacu Si Kecil Rajin Belajar Tanpa Paksaan

Mereka sangat percaya pada orangtua mereka dan menganggap orangtua tahu segalanya. Namun, Anda juga harus bisa membedakan antara anak yang banyak ingin tahu dan hanya penasaran.

Para ahli mengatakan, anak yang ingin tahu adalah anak yang cerdas, cepat belajar, dan terbuka. Karena itu, cara terbaik yang bisa dilakukan orangtua adalah sabar dan sebisa mungkin menjawab pertanyaan sebanyak yang Anda tahu. Tenanglah, karena pertanyaan akan berkurang seiring bertambahnya usia karena mereka berpikir sudah tahu segalanya.

Pusing Ajari Anak Belajar Online, Ini Tips Para Ibu Latih Kesabaran

Sementara, anak yang penasaran cenderung menanyakan hal sederhana seperti ‘siapa yang menelepon ibu tadi?’, ‘ibu sedang apa?’, atau ‘ayah mau pergi kemana? Kenapa aku tidak boleh ikut?’. Hal ini karena memang setiap anak punya rasa penasaran dengan sekeliling mereka. Mereka sangat cemas dan harus mendapat kepastian bahwa segalanya baik-baik saja.

Jadi, jangan pernah mengabaikan pertanyaan penasaran mereka. Jika tidak terjawab, penasaran mereka bisa bertambah parah seiring mereka beranjak besar. Mereka nantinya akan memiliki kebiasaan buruk seperti menguping, membuka komputer Anda, dan bahkan menguping pembicaraan telepon Anda.

Orang Tua Wajib Tahu, Gaya Belajar Seperti Apa yang Disukai Anak

Dilansir laman The Asian Parent, berikut beberapa tips menghadapi anak yang bertanya banyak hal.

Jangan meminta anak untuk diam

Jangan pernah memintanya untuk diam. Hal ini karena akan membuat kecemasannya bertambah dan membuatnya merasa tidak aman. Bahkan akan jadi takut bertanya pada Anda pertanyaan yang mereka harus tanyakan.

Yakinkan segalanya akan baik-baik saja

Jika buah hati Anda bertanya karena gelisah tentang segala hal, yakinkan dia bahwa semua akan baik-baik saja.

Jangan abaikan rasa penasarannya. 

Jelaskan padanya bahwa terlalu penasaran dan katakan bahwa ada beberapa hal yang tidak selalu harus diketahuinya.

Berikan batasan          

Beri batasan. Misalnya, mereka tidak boleh berisik ketika orang lain berbicara dan harus meminta izin jika ingin menyela, mengetuk pintu sebelum masuk kamar Anda terutama jika pintunya tertutup, dan masih banyak lagi.

Hal pribadi 

Katakan padanya bahwa panggilan telepon adalah hal pribadi dan yakinkan padanya bahwa jika ada sesuatu yang harus mereka tahu, Anda akan memberitahunya.
 

Laporan: Adinda Permatasari

Baca juga:

Kolak Legendaris di Jalan Sabang Diserbu Pembeli Sejak Siang

Berburu Jajanan Khas Sumatera di Jalan Kramat Bunder

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya