Langkah Awal Jalani Pola Makan Sehat

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Agar sukses menjalani pola makan sehat, Anda harus membuat perencanaan yang sehat dimulai dari cara yang paling sederhana, seperti mengonsumsi sayuran atau buah setidaknya sekali dalam sehari.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Perubahan kecil tersebut bisa menjadi sebuah kebiasaan dan Anda akan terpacu untuk melakukan hal sehat lainnya. Berikut ini langkah untuk memulai makan sehat, seperti dilansir dari Help Guide.

Menyiapkan sendiri makanan

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Dengan memasak sendiri, Anda tahu apa yang akan Anda makan dan tahu apa yang terkandung dalam makanan Anda.

Buat perubahan menu

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Ketika Anda mencoba menghindari makanan yang kurang sehat, penting untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan lain. Mengganti lemak berbahaya dengan lemak baik, misalnya mengganti ayam goreng dengan ikan panggang akan memberikan perubahan positif pada tubuh Anda.

Mengganti lemak hewani dengan karbohidrat yang sudah diolah tidak akan mengurangi resiko terhindar dari penyakit jantung atau memperbaiki mood Anda.

Sederhanakan

Ketimbang menghitung kadar kalori, memperhatikan warna, variasi dan kesegaran makanan mungkin lebih mudah dilakukan. Fokuslah pada makanan dari bahan-bahan segar dan hindari makanan kemasan atau makanan cepat saji.

Baca label kemasan

Sangat penting untuk memperhatikan apa yang ada di dalam makanan Anda karena beberapa perusahaan kerap kali menyembunyikan kadar gula atau bahan-bahan tidak sehat lain di kemasan makanan bahkan kemasan makanan sehat sekalipun.

Fokus yang dirasakan

Cara ini akan membantu Anda mengembangkan kebiasaan makanan sehat. Semakin sehat makanan yang Anda konsumsi, semakin membaik pula perasaan Anda setelah makan. Semakin buruk kualitas makanan yang Anda makan, semakin Anda merasa tidak nyaman bahkan letih setelah makan.

Perbanyak minum

Air mineral akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Kekurangan cairan akan menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya