Cara Kilat Mematangkan Alpukat

Alpukat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seringkali ketika membeli alpukat, kita mendapatkan buah yang belum matang, atau masih dalam keadaan keras. Tetapi, Anda tidak perlu lagi kecewa mendapatkan alpukat yang belum matang sempurna, karena ada cara mudah membuat alpukat mentah menjadi matang dalam sekejap seperti dilansir laman Daily Mail.

Tips Mematangkan Buah Alpukat Hanya dalam Waktu 10 Menit

1. Bungkus menggunakan plastic wrap

Tidak ada yang lebih menjengkelkan, ketika Anda membelah alpukat dan menemukannya masih keras. Daripada membuangnya, lebih baik coba cara ini. Satukan kembali kedua belah alpukat, kemudian bungkus menggunakan plastic wrap, kemudian simpan dalam lemari es. Tusuk alpukat untuk memantau tingkat kematangannya.

Alpukat Ampuh Perlambat Penuaan Dini

2. Panaskan dengan alumunium foil

Bungkus alpukat menggunakan alumunium foil, kemudian panaskan dalam oven dengan suhu 90 derajat celcius. Diamkan selama 10 menit sebelum memindahkannya.

Tips Simpan Alpukat Agar Tahan 6 Bulan

Alpukat mengandung gas, maka ketika dipanaskan dalam oven alpukat akan melepaskan gas etilen. Maka buahnya akan matang dengan cepat. Sayangnya, rasa alpukat akan sedikit berubah, jadi akan lebih baik digunakan untuk masakan seperti membuat saus guacamole.

3. Kantung kertas cokelat dan tepung

Cara yang disarankan oleh seorang blogger ini mengharuskan memasukkan alpukat ke dalam kantung kertas cokelat yang sudah diisi dengan tepung setinggi sekitar lima sentimeter. Diamkan hingga dua hari sampai alpukat matang, atau tergantung dari tingkat kekerasan alpukat.

Untuk mempercepat proses pematangan, Anda bisa menambahkan tomat, apel, atau pisang ke dalam kantung karena buah-buahan ini memproduksi lebih banyak gas etilen yang mempercepat pematangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya