Wajib Tahu 7 Hal Sebelum Unggah Foto Anak ke Media Sosial

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Para orangtua pasti sudah bersemangat mengantarkan buah hati mereka ke sekolah dan menyapa guru-guru. Di momen bahagia seperti ini, biasanya orangtua juga bersemangat mengunggah foto-foto seru bersama si kecil ke berbagai akun media sosial pribadi.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Namun, perlu diingat bahwa ada sejumlah hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengunggah foto anak di media sosial.

Itu karena ada banyak risiko yang bisa dihadapi anak, mulai dari kejahatan paedofilia (predator anak), perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas dan masih banyak lagi.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Terdapat banyak cara merayakan dan berbagi keseruan hari pertama sekolah dan momen-momen lain dengan anak tanpa membahayakan dirinya.

Untuk itu, simak beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum mengunggah foto anak ke media sosial, seperti dikutip dari imbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berikut ini.

Tips Agar Anak Tak Rewel dan Takut Masuk ke Sekolah

-Jangan memasang identitas lengkap anak, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, nomor telepon dan lain-lain.

-Hati-hati, pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan untuk memasang foto anak.

-Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis privasi dan peredaran foto.

-Jangan memasang foto anak yang memungkinkan dia mendapat pelecehan, penghinaan dan perundungan.

-Pikirkan dari sisi anak, apakah dia akan senang dengan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih.

-Jangan memasang foto anak lain tanpa seizin orangtuanya.

-Ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati saat memasang foto anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya