Nasib Malang Buah dan Sayur Buruk Rupa

Ilustrasi buah dan sayur berbentuk aneh
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – “Don’t judge a book by its cover.” Ungkapan tersebut mungkin sudah tak asing lagi didengar di telinga. Semua orang tahu bahwa kita tidak boleh menilai sesuatu hanya dari apa yang terlihat dari luar. Namun, apakah Anda benar-benar mengimplementasikan ungkapan tersebut di kehidupan sehari-hari?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Bahkan untuk hal-hal sederhana, seperti membeli produk makanan alami, seperti buah dan sayur, maukah Anda membeli buah dan sayur cacat yang memiliki bentuk atau wujud yang aneh?

Jika jawabannya tidak, Anda tak sendirian. Sebuah laporan dari Natural Resources Defense Council menyebutkan bahwa sekitar 2,7 juta ton sayur dan buah terbuang setiap tahun di Amerika Serikat karena bentuknya yang aneh dan dianggap jelek. Artinya sebanyak 20 persen produk yang dikonsumsi umat manusia ditolak oleh toko dan terbuang karena tampilannya yang buruk. Demikian dilansir dari Huffington Post.

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

Pendiri perusahaan crowd-funded bernama Imperfect lantas berusaha untuk mengurangi angka ini dengan bekerja sama dengan para petani untuk mengumpulkan buah dan sayur tersebut dan mendistribusikannya setiap minggu kepada pelanggan.

Perusahaan start-up asal California itu berhasil mencapai tujuannya dan mulai melakukan kegiatan tersebut di Oakland dan Berkeley musim panas tahun lalu. Dengan cara ini, petani tetap diuntungkan dengan buah dan sayur tersebut, dan pelanggan juga mendapat keuntungan karena dapat membeli buah dan sayur dengan harga 30 hingga 50 persen lebih murah daripada yang dijual di toko. Rasa dan kualitas buah dan sayur yang mereka dapatkan pun tidak jauh berbeda dengan ada yang di toko.

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

"Anda akan merasa lega saat menikmati makanan yang Anda tahu tidak memiliki bentuk yang sempurna. Anda membantu mengurangi sampah makanan dan menjaga lingkungan dari gas rumah kaca yang berasal dari sisa makanan," ujar Imperfect dalam video kampanyenya.

Beberapa program lain juga memiliki tujuan yang sama, yaitu mengurangi angka makanan yang terbuang sia-sia. EndFoodWaste.org, misalnya, melalui program Ugly Fruit and Vegetables mempromosikan secara global aneka produk sayur dan buah yang memiliki bentuk tidak sempurna

Dalam situs resmi mereka, terdapat serangkaian daftar toko yang menyediakan buah dan sayur yang bentuknya tidak sempurna. Program ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah lingkungan, pejual dan pembeli.

Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk tidak menilai buku hanya dari sampulnya dan menghormati setiap makhluk yang tidak sempurna. Ini bukanlah hal konyol ketika dikaitkan dengan buah dan sayur. Bagaimanapun bentuknya, buah dan sayur tetap dapat digunakan untuk membuat sebuah hidangan yang lezat.

Ingat, Anda tidak akan mengonsumsi buah dalam bentuk utuh saat menikmati smoothie atau jus atau menikmati sayur yang sudah menjadi berbagai olahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya