Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Bernice Syaiful
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id - Telah sejak lama Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik dunia. Letak geografis, serta struktur tanah yang baik, menjadikan Indonesia adalah surga tempat tumbuhnya kopi.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi

Ini pula yang menyebabkan Indonesia, juga memiliki beragam jenis kopi dengan karakteristik yang berbeda, mulai dari ujung Sumatera hingga Timur Papua.

Salah satu jenis kopi yang cukup populer yang berasal dari Indonesia adalah Aceh Gayo. Kopi asal Sumatera ini, memang memiliki cita rasa unik dengan karakter aroma rempah yang khas. Selain itu, kopi ini memiliki tekstur halus dan berbau tajam. Tak heran, jika kopi asal Sumatera ini banyak dicari oleh para pecinta kopi.

Ditemui dalam sebuah acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 8 Agustus 2016, Bernice Syaiful, Business Development dari Otthen Coffee juga sedikit membagikan tips mendapatkan kopi berkualitas yang sesuai dengan selera.

"Itu sebenarnya tergantung selera, kalau misalnya sukanya seperti yang asam itu Bali. Kalau pahit dan keras, itu Sumatera," kata Bernice.

Menurutnya, untuk mendapatkan cita rasa kopi yang segar dan otentik, baiknya kopi tidak terlebih dahulu digiling. Dan, hanya baru digiling ketika ingin diseduh dan disajikan. "Bagusnya, kalau kopi itu fresh-nya jangan digiling dulu, masih biji seperti itu, nanti kalau mau minum itu baru digiling," jelasnya.

Selain itu, proses roasting , atau kematangan kopi, menurut Bernice juga akan berpengaruh terhadap kualitas yang dihasilkan dari kopi tersebut. "Kopi itu baru enak diminum itu, setelah roasting selama satu minggu, aromanya itu keluar, itu namanya fresh coffee,"lanjutnya.

Dalam roasting juga dikenal beberapa istilah, seperti Light Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna cokelat tua. Medium Roast, kopi dengan biji kopi yang cokelat tua cenderung gelap. Serta Medium-Dark Roast, kopi cokelat gelap dengan sedikit minyak keluar di permukaan bijinya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, proses penyajian juga akan menentukan rasa dan karakteristik dari kopi itu sendiri. Seperti Aceh Gayo, yang menurut Bernice, lebih cocok untuk espresso. "Aceh gayo cocoknya untuk espresso lebih nendang dan lebih berasa. Soalnya kan wangi, kalau misalnya espresso lebih cocok untuk biji kopi yang medium to dark begitu," jelasnya.

Namun, semua tetap tergantung selera dan kesukaan dari masing-masing penikmat kopi. Sehingga, bisa memilih, mulai biji, kematangan, dan menyajikan yang pas seusai selera. (asp)

Penghapal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Diskon 99 persen bagi yang berulang tahun ke-99.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016