Pelihara Kucing Bisa Redam Rasa Kesepian

Ilustrasi seekor kucing.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tren menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan kini semakin berkembang.  Kucing tak hanya sekadar peliharaan biasa, bahkan sudah menjadi bagian dari keluarga dan dianggap seperti manusia.

Menurut Andrew Soendjojo, Head of Groceries Channel Nestle Purina PetCare Indonesia, ada alasan penting kenapa kucing harus diperlakukan seperti manusia. Sebab, kucing memiliki dua fungsi emosional. Secara fisik, memelihara kucing dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membuat tidur lebih nyenyak.

"Secara emosional, kucing bisa mengurangi kesepian, stres dan membuat pemiliknya jadi lebih lebih cheerful. Selain itu, juga bisa meningkatkan percaya dan menghilangkan depresi," kata Andrew saat media briefing Frieskies #500Catventure di Pisa Cafe, Jakarta, Senin, 8 Agustus.

Memelihara kucing juga memiliki manfaat dalam membangun empati pada anak-anak serta mengajarkan mereka bertanggung jawab. Kucing juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ikatan di dalam keluarga.

"Dengan adanya peliharaan di rumah, orang jadi kangen ingin cepat pulang menikmati kebersamaan dengan kucing. Melihat kucing bermain, aktif, stres dan capek terobati semua. Nantinya enggak akan hanya bicara soal kucing saja, tapi orangtua juga jadi tanya soal kegiatan anak di sekolah dan sebagainya," kata Andrew.

Rayakan World Cat Day dengan Mengadopsi Kucing
Ilustrasi Kucing.

Kucing Kini Bukan Sekadar Binatang Peliharaan

Binatang ini sekarang menjadi bagian dari anggota keluarga manusia.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016