Daftar Istilah yang Wajib Diketahui Penikmat Wine

Ilustrasi wine
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Anda penikmat wine atau anggur? Atau penasaran ingin mencoba rasa minuman fermentasi ini? Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang wine.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Berikut beberapa diantaranya, dilansir dari laman Times of India.

Dry wine

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Dry wine adalah anggur yang memiliki kadar gula yang sangat rendah, bahkan beberapa tidak memiliki kadar gula sama sekali sehingga rasanya tidak manis. ‘Dry’ di sini bukan berarti 'kering', tapi mengacu pada kadar gula yang dihabiskan oleh ragi saat proses fermentasi anggur terjadi.

Sweet wine

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Seperti namanya, sweet wine adalah wine yang memiliki rasa lebih manis karena kadar gulanya yang tinggi. Biasanya wine ini juga disebut sebagai pudding wine dan umumnya diminum bersama hidangan penutup.

Acidic wine

Asam pada wine biasanya didapat secara alami, namun ada beberapa yang ditambahkan saat prosea fermentasi. Acidic wine memiliki rasa menyerupai lemon dan cuka.

Tanin

Tanin menambah rasa pahit pada anggur. Tanin memiliki rasa yang lebih pahit ketimbang anggur lain. Rasanya sama seperti Anda mengonsumsi teh. Tanin juga berguna untuk sebagai pengawet alami anggur.

Bouquet

Bouquet biasanya digunakan untuk menyebut aroma wine tua. Bouquet adalah kriteria pertama yang dilihat saat menilai kualitas wine. Wine bisa memiliki aroma yang juicy, pedas, atau aroma lain tergantung pada jenis buah anggur yang digunakan, asal dan kondisi wine itu sendiri.

Corked

Istilah ini digunakan untuk menyebut wine yang berkualitas buruk.

Finish

Finish adalah rasa yang masih bisa dirasakan di dalam mulut setelah Anda mencicipi wine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya